• Minggu, 25 September 2022

Pusakata Kolaborasi dengan Inis Sahib dalam Single Terbaru 'Meminta Diri'

- Rabu, 20 April 2022 | 10:51 WIB
 (dok. Pusakata)
(dok. Pusakata)

Jelang perilisan album penuh 'Mesin Waktu 2020', Pusakata merilis single berjudul 'Meminta Diri'. Lagu ini merupakan single ke-9 yang dirilis. Pada single sebelumnya, 'Larung', Pusakata berkolaborasi dengan Fadly dan Aksan Sjuman. Kali ini solois wanita asal Makassar bernama Inis turut mengisi vokal dalam 'Meminta Diri'.

Album 'Mesin Waktu 2020' rencananya juga akan dirilis dalam format CD dalam waktu dekat yang bekerja sama dengan Merchnesia.id, yang sebelumnya bekerja sama dengan Pusakata untuk perilisan merchandise.

Dalam keterangan resminya, Pusakata menuturkan jika ide dasar lagu ini adalah tentang pertemuan yang  pasti akan ada perpisahan. Idenya sederhana. Kita bisa menjadi sangat berani ketika memutuskan untuk bertemu dan memulai sebuah hubungan, hingga menghadapi masalah. Namun, ada hal yang tidak akan pernah siap kita hadapi: datangnya sebuah akhir.

'Meminta Diri' menceritakan perjuangan dua insan yang saling menyemangati, saling memupuk hasrat, cinta dan kerinduan di setiap saat seolah semua akan berakhir saat itu juga. Sekiranya kita boleh mempersiapkan perpisahan yang manis maka menurut Pusakata, lagu ini adalah sebuah dialog serius dua insan di ujung waktu, di sisa kebahagian yang terus mereka perjuangkan.

Baca Juga: Ayronikz Mencoba Mendobrak Norma lewat 'Letter To My Friend'

Mengingat ke beberapa waktu ke belakang, jika lagu 'Akad' adalah tentang pernyataan ketetapan hati untuk meminang, maka 'Meminta Diri' adalah babak di mana dua sejoli saling berbicara dalam syukur atas pertemuan itu. Berdua menikmati pelukan di ujung waktu, saat meminta diri telah tiba. Lagu ini juga merupakan sebuah harapan agar kebaikan hidup selalu tercurah bagi orang-orang yang memperjuangan kasih sayang mereka terhadap satu sama lain dan bersiap melepas dengan ikhlas.

Sementara itu, Inis mengungkapkan kesannya tentang kolaborasi bersama Pusakata adalah sesuatu yang historis baginya.
 
"Kolaborasi dengan Pusakata adalah suatu histori yang sangat berkesan di dalam perjalanan musiknya, mungkin ini ungkapan yang paling tepat dariku. Yang dulunya pendengar karya-karya Bang Is sampai akhirnya bisa diberi kesempatan untuk bernyanyi bersama," ungkapnya dalam keterangan resmi.

Ia juga menjelaskan jika prose pembuatan lagi ini tidak biasa, "Proses pembuatan lagu yang menurutku tidak biasa, karena tidak banyak musisi yang memercayakan spontanitasnya, yang kemudian lahir menjadi lagu yang luar biasa bagusnya. Konsep raw dan sekali take vokal yang tadinya dibuat untuk guide bisa se-siap hasilnya, itu gift sih menurutku. 'Meminta Diri', mungkin lagu yang bisa dimaknai berbeda-beda setiap orang. Lagu yang mewakili perasaan kehilangan, melepaskan dengan ikhlas dalam syukurnya. Seperti bulan yang kemudian berganti dengan matahari di pagi hari, yang aku pribadi maknai bahwa setiap pertemuan akan sampai pada suatu perpisahan, bagaimanapun bentuknya."

Editor: Irfan Nasution

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siap-siap, Tahun ini 'Rock in Solo' Kembali Menggelegar!

Minggu, 18 September 2022 | 17:25 WIB

'To Be King', Gebrakan Baru SUR! dengan Formasi Segar

Jumat, 9 September 2022 | 20:45 WIB

15 Tahun Hiatus, The Sastro Siap Kembali Ber'Lari 100'

Jumat, 2 September 2022 | 11:36 WIB
X