• Jumat, 2 Desember 2022

'Niksen', Tak Melakukan Apa-apa untuk Memberi Jeda Pada Diri

- Selasa, 29 Maret 2022 | 13:50 WIB
 (dok. Ilustrasi Unsplash/Zach Betten)
(dok. Ilustrasi Unsplash/Zach Betten)

TemanBaik, biasanya apa sih yang kamu lakukan jika sedang punya waktu senggang? Dengan kondisi pandemi dan pemberlakuan work from home (WFH), tak jarang seusai mengerjakan pekerjaan utama, waktu senggang yang kita miliki, banyak kita habiskan untuk menggunakan gadget. Dari mulai scrolling media sosial, hingga berbelanja daring.

Tak jarang waktu yang tadinya terasa lama, jadi terasa cepat habis begitu saja. Tahu enggak sih, ada istilah untuk momen saat kamu tidak melakukan kegiatan apa-apa? Ya, istilah tersebut adalah 'Niksen' yang berasal dari bahasa Belanda. Dikutip dari Flow Magazine, Niksen secara harfiah berarti tidak melakukan apa-apa, diam, atau melakukan sesuatu tanpa ada pretensi. 

Meski begitu, bagi sebagian orang, tidak melakukan apa-apa atau tidak berkegiatan sama sekali di waktu senggang bisa jadi sebuah hal yang sulit. Karena, selama ini kita terbiasa untuk terus melakukan sesuatu. Pada momen Niksen, kita melatih diri untuk beristirahat tanpa melakukan apapun atau melakukan sesuatu tanpa harus berpikir.

Baca Juga: Survei Populix, Konsumen Indonesia Pilih Membersihkan Rumah Jelang Ramadhan

Nah, ternyata melakukan Niksen banyak manfaatnya bagi kita loh. Melakukan Niksen secara reguler dapat mengurangi stres, mebuat kita lebih bertenaga dan efisien, membantu menyelesaikan masalah yang kompleks, hingga meningkatkan kreativitas. Hal ini dikarenakan pikiran kita akan kembali segar dan akan muncul ide baru.

Untuk melakukan Niksen sebenarnya tidak ada patokan waktu tertentu. Kita dapat melakukan Niksen kapan saja. Terlebih, jika kamu sudah mulai merasa pikiranmu mulai penuh, sulit fokus dan kinerja otak dirasa sudah harus beristirahat. Itu bisa jadi waktu yang tepat untuk Niksen.

Agar kamu dapat melakukan Niksen dengan maksimal, sebaiknya hindari gadget saat akan melakukannya. Selain itu, pilih waktu yang tepat dan benar-benar senggang. Akhir pekan bisa jadi pilihan yang baik, sehingga kamu dapat melakukan Niksen seharian penuh. Bila dirasa tak ada waktu sama sekali, kamu bisa mencoba untuk meluangkan waktu 15 menit dalam satu hari sebelum melakukan aktivitas atau sebelum tidur. 

Jika kamu masih bingung, berikut ini adalah beberapa contoh aktivitas Niksen yang bisa kamu lakukan:

 
1. Berjalan kaki
2. Melipat baju
3. Duduk di tepi pantai sambil memperhatikan ombak
4. Berbaring di sofa
5. Menghabiskan waktu di alam
6. Mencuci piring
7. Memperhatikan sekitarmu dan masih banyak lagi.

Momen Niksen ini bisa jadi pertimbangan kamu ketika ingin rehat di tengah padatnya aktivitas dan tuntutan pekerjaan. Bagaimana TemanBaik, sudah mencoba Niksen hari ini?  

Editor: Irfan Nasution

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Efek Buruk Bergadang Bagi Tubuhmu, Yuk Mulai Hindari!

Rabu, 16 November 2022 | 18:05 WIB

Porsche Bangun Destination Charging Pertama di Indonesia

Minggu, 13 November 2022 | 19:43 WIB

Mau Berfoto di Stasiun Kereta, Simak Ketentuannya Ya!

Minggu, 13 November 2022 | 12:10 WIB

Touring di Musim Hujan, Tetap Seru dengan Kiat Ini

Sabtu, 12 November 2022 | 16:50 WIB
X