• Minggu, 25 September 2022

Sillas, Grup Indiepop asal Cirebon dengan Citarasa Jazirah Arab

- Rabu, 23 Maret 2022 | 08:15 WIB
 (dok. Sillas-Anoa Records)
(dok. Sillas-Anoa Records)

Geliat musik arus pinggir asal jazirah Arab, beberapa tahun terakhir ini banyak muncul di pelbagai medium pemberitaan. Khususnya genre musik ekstrem seperti metal dan HC/Punk. Beberapa nama di antaranya yakni Haram (Amerika Serikat) atau Kimaera asal Lebanon, dan masih banyak lagi. Bahkan ada kompilasi Arab Punk dari ARAB Records.

Bagaimana dengan musik indiepop? Sepertinya tak perlu jauh ke jazirah Arab, karena ada sebuah band indiepop asal Cirebon bernama Sillas yang punya materi lagu berbahasa Arab. Eko dari Shinny Happy Records yang rilisannya fokus di band indiepop pun mengiyakan sepertinya band beranggotakan Zaimmuddin Mukarrom (vokal, gitar), Obeth (gitar), Dani (drum) dan Athar (bass) adalah band indiepop pertama dengan bahasa oleh

"Kayaknya sih iya yah, belum ada juga di luar negeri," ujar Eko yang juga personel band indiepop bernama The Lousy Pop Group.

Sillas sendiri didirikan pada 2020, ditengah momen pandemi. Zaim yang juga personel dari Kaveh Kanes telah membuat beberapa materi lagu, yang kebetulan berbeda dengan di band sebelumnya. Ia pun merekamnya bersama teman-temannya.

"Banyak materi lagu yang sudah saya tulis namun belum direkam dan diperdengarkan. Singkatnya, saya dipertemukan dengan mereka, mengolah secara bersama untuk instrumen-instrumen yang lain, dan langsung merekam beberapa trek," jelas Zaim dalam keterangan resminya.

Tentang pemilihan bahasa Arab dalam lirik Sillas, Zaim menuturkan, Eki manajer mereka berserta Ghori melihat banyaknya pola kehidupan Zaim dan keluarganya yang secara tidak langsung ditunjukan dalam kesehariannya.

"Bagaimana kalau kita gunakan bahasa Arab untuk lagu kita?  Dan metode penulisannya pun berdasarkan penglihatan Zaim langsung, sehingga akan lebih objektif dan tidak hanya menjadi sekedar gimmick. Saya pun mengamini, berdasarkan pengalaman hidup dan terlahir sebagai keturunan arab dan muslim, tidak selalu menyenangkan seperti anggapan orang pada umumnya," tuturnya.

Baca Juga: Rangkuman 15 Tahun Kebersamaan RAN dalam Video Musik 'Selalu Bersama'


"Keturunan Arab dilihat sebagai kaum yang religius dan lekat dengan ritual dan hubungannya dengan Tuhan, seringkali memberi beban mengenai bagaimana saya harus bersikap.  Terlebih, saya datang dari keluarga yang mungkin cukup jauh dari stigma keturunan Arab di Indonesia. Kami termasuk keluarga moderat dan inklusif," tambahnya.

Keluarga dan orang tua Zaim sendiri senang untuk berbaur dengan siapa saja, baik itu berbeda agama kepercayaan, strata ekonomi, pandangan politik, dan profesi. Selama tujuannya sama, yaitu menjadi manusia yang lebih baik dan bermanfaat untuk orang lain.  

Bicara materi musik mereka, percampuran antara delay, reverb dan bahasa arab bagi Zaim justru tampak manis ketika dilagukan dan didengarkan. Sebelumnya, sudah ada delapan materi berbahasa Indonesia dan Inggris yang dipersiapkan untuk menuju album, namun dengan pola yang baru ini, penggarapan single berbahasa Arab lebih diprioritaskan dan lebih ditonjolkan menjadi Side A nya dibanding delapan lagu yang sudah ada sebelumnya.

Maxi-single berjudul 'Mamlaka' dirilis oleh Anoa Records dan sudah dapat dinikmati di seluruh layanan musik streaming mulai Selasa (22/03/22). Rilisan ini berisikan dua lagu yang  berjudul 'Hadza Huwal Hubbu' dan 'Mamlaka'. Kedua lagu ini pun sedikit berbeda dari warna dan liriknya. Satu trek bercerita tentang cinta seorang ayah atau pria dan satunya lagi tentang berbahayanya pengkhianatan orang terdekat.

Untuk kamu yang penasaran dengan materi terbaru dari roster Anoa Records ini, kamu bisa berkunjung ke laman resmi instagram mereka di @sillas.id.

Editor: Irfan Nasution

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siap-siap, Tahun ini 'Rock in Solo' Kembali Menggelegar!

Minggu, 18 September 2022 | 17:25 WIB

'To Be King', Gebrakan Baru SUR! dengan Formasi Segar

Jumat, 9 September 2022 | 20:45 WIB

15 Tahun Hiatus, The Sastro Siap Kembali Ber'Lari 100'

Jumat, 2 September 2022 | 11:36 WIB
X