• Minggu, 25 September 2022

Bakar Bufthaim, Drummer Band Thrash Metal Legendaris Rotor Tutup Usia

- Jumat, 18 Maret 2022 | 09:00 WIB
Bakar Bufthaim (dok. Instagram/Elevation Records)
Bakar Bufthaim (dok. Instagram/Elevation Records)

Kabar duka kembali datang dari dunia musik metal Tanah Air. Pemain drum legendaris dari  pionir thrash metal Indonesia, Rotor dan Suckerhead, Bakar Bufthaim, meninggal dunia pada Kamis (17/3/2022).

Kabar ini diketahui dari informasi yang disampaikan oleh mantan wartawan musik Wendi Putranto melalui cuitannya di Twitter. Ia mengucap salam perpisahan pada Bakar Bufthaim.

"Selamat jalan Bakar Bufthaim (drummer legendaris Rotor & Suckerhead)," tulis Wendi Putranto melalui akun Twitternya pada Kamis siang.

Wendi Putranto juga kembali mengenang sosok Bakar Bufthaim semasa hidupnya. Dia adalah orang yang sangat profesional dalam bekerja dan sayang dengan keluarga.

"Sosok yang irit bicara dan ganas dalam bekerja. Dave Lombardo-nya Indonesia. Ketika Rotor rencana tur konser ke Amerika Serikat pada 1993, Bakar lebih memilih stay di Jakarta menjaga ibunya," ungkapnya.

Baca Juga: 'Simulasi Harta Takhta', Single Terbaru Laze yang Mensimulasikan Hidup Kelas Menegah Ibu Kota

Selain Wendi, Eet Sjahranie yang merupakan gitaris Edane juga turut mendoakan agar almarhum diterima di sisi Tuhan.

"Innalillahi wa innaa ilaihi rojiuun...! Selamat jalan Bakar, semoga husnul khatimah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan oleh Allah SWT, aamiin ya rabbal alamiin," tulis Eet Sjahranie melalui akun instagramnya @eetsjahranie.

Bakar Bufthaim (dok. Instagram/Edane Official)


Hal senada juga diucapkan band legenda Edane melalui laman instagramnya @edane. Mereka juga turut mengucapkan belasungkawa atas kepergian Bakar Bufthaim. Mereka berterima kasih atas kontribusi Bakar karena kerap jadi additional player untuk Edane.

"Innalillahi wa inna ilayhi roji'un. Selamat jalan sahabat kami @bakarbufthaim. Terima kasih sudah pernah membantu menjadi additional drummer EDANE di beberapa panggung di saat @fajarsatritama berhalangan!" tulis akun tersebut.

Di skena musik bawah tanah, Bakar adalah panutan. Dia merupakan salah satu personel asli Rotor era album ikonik mereka, Behind the Eight Ball.

Bakar adalah personel asli Rotor yang terakhir tutup usia. Para personel asli seperti Judapran, Jodie Gondokusumo, dan Irfan Sembiring lebih dulu tutup usia.

Sebagai catatan, Rotor adalah sebuah grup musik thrash metal asal Jakarta yang terbentuk 1991 silam. Nama mereka kian meroket setelah sukses menjadi supporting act konser pertama Metallica selama dua hari berturut-turut di stadion Lebak Bulus, Jakarta pada tahun 1993.

Selama delapan tahun karier bermusik mereka, Rotor telah merilis empat album di tiga major label berbeda, yaitu AIRO, Hemagita dan Warner Music Indonesia.

Editor: Irfan Nasution

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siap-siap, Tahun ini 'Rock in Solo' Kembali Menggelegar!

Minggu, 18 September 2022 | 17:25 WIB

'To Be King', Gebrakan Baru SUR! dengan Formasi Segar

Jumat, 9 September 2022 | 20:45 WIB

15 Tahun Hiatus, The Sastro Siap Kembali Ber'Lari 100'

Jumat, 2 September 2022 | 11:36 WIB
X