• Minggu, 25 September 2022

Ini 8 Jenis Kecerdasan Manusia yang Mungkin Selama Ini Tidak Kita Sadari

- Senin, 14 Maret 2022 | 09:55 WIB

TemanBaik, kepintaran seseorang tidak hanya dinilai dari kemampuan akademis di sekolah saja loh! Manusia memiliki berbagai jenis kecerdasan yang memungkinkannya untuk kita untuk tampil lebih baik dalam pekerjaan atau karier pilihan kita.

Kecerdasan individu akhirnya dipandang sebagai gagasan baru yang menarik, hal ini berbeda dengan pandangan umum bahwa manusia hanya memiliki satu kecerdasan saja. 

Nah, untuk itu Kita akan berkenalan dengan teori Multiple Intelligences atau kecerdasan ganda, yang dipopulerkan oleh Dr. Howard Gardner, seorang Psikolog dari Harvard.

Beberapa orang lebih baik dalam olahraga, ada juga yang yang mahir dalam matematika, dan yang lainnya lebih baik dalam melukis, membaca, atau memainkan alat musik. Setiap manusia memiliki motivasi dan bakatnya masing-masing.

Menurut teori kecerdasan ganda, manusia berevolusi dengan kebutuhannya sendiri. Dengan demikian, setiap orang tidak mungkin memiliki kelebihan dibidang yang sama. Terdapat delapan kecerdasan ganda menutut Gardner, yuk simak penjelasannya di bawah ini: 

Kecerdasan logika-matematis
Orang yang memiliki kecerdasan logika-matematis ini biasanya sangat mencolok dan sering dikaitkan dengan kecerdasan non-verbal. Mereka dapat mengetahui jawaban atas masalah tertentu jauh sebelum mereka mengungkapkannya secara verbal.

TemanBaik yang memiliki jenis kecerdasan ini pandai memecahkan misteri atau permainan mengasah otak, mengerjakan teka-teki, latihan logika, menghitung atau melakukan perhitungan, masalah computer dan bermain gim strategi.

Baca Juga: Ini Dia 4 Istilah yang Paling Sering Diucapkan Konten Kreator

Kecerdasan linguistik
Orang dengan kecerdasan linguistik biasanya akan sangat terampil dan memiliki preferensi untuk kegiatan membaca, berbicara, bercerita dan bercanda, menulis puisi, belajar bahasa dan bermain permainan kata.

Kecerdasan spasial
Jenis kecerdasan ini menunjukkan pola yang membuktikan kemampuan seseorang untuk berpikir dalam tiga dimensi. Orang yang mengembangkan kecerdasan spasial pandai memecahkan masalah spasial menggambar dan melukis, membaca peta, melihat gambar, memecahkan labirin, atau bermain gim konstruksi.

Kecerdasan musik
Kecerdasan ini mempunyai ciri khas dengan kemampuan bawaan untuk mempelajari suara yang berbeda, yang diterjemahkan menjadi kemampuan yang hebat untuk bernyanyi, mendengarkan musik, memainkan instrument, membuat lagu, menikmati konser dan mengikuti ritme yang berbeda. Jenis kecerdasan ini mungkin memperhatikan nada-nada tidak penting yang dimiliki orang lain dan dapat dengan mudah menghafal lagu dan nada.

Kecerdasan kinestetik-jasmani
Kecerdasan kinesik-jasmani adalah kemampuan untuk menggunakan seluruh tubuh dalam ekspresi ide dan perasaan, dan fasilitas dalam penggunaan tangan untuk mengubah elemen,

Orang dengan kecerdasan ini biasanya pandai menari, acting, menirukan gerak tubuh atau ekspresi, berolahraga, berlari, bergerak dan melompat.

Halaman:

Editor: Irfan Nasution

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Kebiasaan Gaya Hidup Ini Bisa Mempercepat Penuaan

Selasa, 20 September 2022 | 08:51 WIB

7 Ciri Orang yang Berpikir Menggunakan Akal Sehat

Senin, 19 September 2022 | 17:38 WIB

Kamar Mulai Bau, Begini Trik untuk Mengatasinya

Rabu, 14 September 2022 | 11:23 WIB

Tips Aman Terobos Banjir Menggunakan Motor Matic

Selasa, 13 September 2022 | 09:08 WIB

Tips Menjemur Pakaian agar Cepat Kering saat Musim Hujan

Selasa, 13 September 2022 | 06:05 WIB

Apa Itu Polis Asuransi? Begini Penjelasan Selengkapnya

Kamis, 8 September 2022 | 15:40 WIB
X