• Minggu, 25 September 2022

Mempertanyakan Diri Sendiri, SORE Rilis Single Terbaru 'Rosa'

- Jumat, 4 Maret 2022 | 15:31 WIB
Soreze Band (Rendha Rais)
Soreze Band (Rendha Rais)

Band asal Jakarta, SORE kembali merilis single terbarunya yang berjudul 'Rosa', Jumat (04/03/22). 'Rosa' merupakan single kedua setelah sebelumnya 'Real, Is It' yang dirilis pada 4 Juni 2021 lalu.

Kedua single ini nantinya akan masuk dalam album keempat SORE yang rencananya akan dirilis pada tahun ini. Single 'Rosa' ditulis dalam bahasa Indonesia, yang musik dan liriknya dibuat oleh Ade Paloh dan diproduseri langsung oleh Bemby Gusti.

Band yang saat ini hanya personelnya hanya tersisa Ade Paloh (vokal dan gitar), Bemby Gusti (drum), dan Awan Garnida (bas) merekam lagu terbaru mereka di Rooftopsound. Kali ini mereka mempercayakan Lafa Pratomo untuk proses mixing dan mastering-nya.

Dalam keterangan resminya di laman srmbands.id mereka banyak bercerita tentang single terbarunya. Termasuk beberapa gambaran tentang album terbarunya mendatang. Uniknya,  mereka juga menghadirkan video interview yang dipandu oleh Azizah Hanum, seorang news presenter dan juga drummer dari band Arah.

Dalam percakapannya, Ade Paloh menjelaskan jika 'Rosa' bercerita tentang ini mereka selama ini menjadi entitas SORE. Ada kalanya mereka harus tampil sumringah, bahagia, namun disisi lain merasakan capek di dalam hati.

"Nah, itu menceritakan tentang ini, peran kita selama ini jadi Sore. Jadi Sore itu kayak ada juga kita harus berperan naro muka yang sumringah, happy, padahal dalemnya rengat, capek," jawab Ade Paloh pada Hanum.

Meski begitu, sang vokalis juga menambahkan, jika mereka menghidupi peran tersebut dengan sebahagia mungkin, ikhlas dan berharap mereka sendiri terhibur serta orang juga terhibur dengan apa yang mereka lakukan sebagai SORE.

Baca Juga: Rayakan 1 Dekade Perjalan Karirnya, Tulus Rilis Album 'Manusia'

Peran-peran tersebut juga tertuang dalam artwork single 'Rosa' ini. Para personnel SORE yang tersisa digambarkan menjadi serigala, banteng dan walrus. Sementara, personil yang sudah tidak bergabung terpajang juga di frame menjadi manusia. Sebagai catatan, pengerjaan artwork untuk single 'Rosa' dikerjakan oleh DeJurnal.

Dari sisi musik, kali ini SORE memberikan sentuhan yang berbeda dari biasanya. Ketukan drumnya lebih perkusif. Hal tersebut diamini oleh sang produser, Bemby. Ia mengatakan jika dalam 'Rosa' cukup kentara dengan kekesukaannya akan musik Latin seperti Chico Buarque dan Edu Lobo.

"Tadinya sih gue kan emang drummer dan ini ada kaitannya sama band gue jaman dulu yang Sequoia itu, itu kan dulu kita suka main lagu Latin, nah dia (Ade) tuh sukanya Brazilian, gue juga suka sih Brazilian," ungkap Bemby.

Ia juga menambahkan, "Terus tiba-tiba keluar aja tuh, drumnya terinspirasi dari lagunya Toto. Africa, cuman gue gamau African tapi gue mau yang percussion disitu Latin, tapi ada Braziliannya gue campur-campur aja."

Ketka ditanya Hanum perihal bocoran album terbarunya, Bemby menjelaskan jika akan ada hal yang berbeda dari sebelumnya. Baik secara genre atau beat, namun tetap dibalut dengan benang merah yang sama khas SORE.

"Bakal beda dengan SORE SORE sebelumnya. Seperti kayak lo bilang tadi kan ini beda kan, nanti ada yang lebih beda lagi dan gue beneran. seriusnya serius banget. 'hah kok SORE begini?' tapi tetep ada benang merahnya dan warna SORE tetep ada. tapi secara genre apa beat kali ya," ujar Bemby.

Ade Paloh juga membocorkan nama album studio keempat mereka nanti adalah 'Quo Vadis, SORE?'. Nama yang diambil dari bahasa Latin tersebut memiliki arti mempertanyakan ke diri mereka sendiri, mau seperti apa dan mau kemana SORE dengan lagu ini.

Halaman:

Editor: Irfan Nasution

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siap-siap, Tahun ini 'Rock in Solo' Kembali Menggelegar!

Minggu, 18 September 2022 | 17:25 WIB

'To Be King', Gebrakan Baru SUR! dengan Formasi Segar

Jumat, 9 September 2022 | 20:45 WIB

15 Tahun Hiatus, The Sastro Siap Kembali Ber'Lari 100'

Jumat, 2 September 2022 | 11:36 WIB
X