• Minggu, 2 Oktober 2022

Rayakan 1 Dekade Perjalanan Kariernya, Tulus Rilis Album 'Manusia'

- Jumat, 4 Maret 2022 | 10:38 WIB
                                (dok. Dhimo Juli Photoraphy)
(dok. Dhimo Juli Photoraphy)

Tulus kembali dengan album studio terbarunya di awal bulan Maret ini. Setelah merilis single 'Ingkar' pada Agustus 2021 dan 'Tujuh Belas' di penghujung Februari 2022 lalu, kini album penuhnya yang bertajuk 'Manusia' resmi dirilis. Kamis (03/03/22).

Album kelima Tulus, 'Manusia' menambah daftar diskografi solois pria asal Bandung ini yang terakhir kali merilis album live 'Langsung Dari Konser Monokrom Jakarta' tiga tahun silam. Sebelumnya, Tulus merilis debut album self titled 2011 lalu, kemudian 'Gajah' di 2013 dan 'Monokrom' pada 2016 

Dalam album terbarunya, Tulus mencoba bercerita banyak hal tentang manusia dengan ragam dinamika rasa. Hal tersebut terrangkum apik dalam sepuluh lagu. Di album 'Manusia' Tulus hadir dengan olah kata lirik dalam bahasa Indonesia yang semakin matang.

Baca Juga: Rayakan Jiwa Muda bersama Tulus Lewat Lagu 'Tujuh Belas'


Ia juga menjelaskan jika semangat menjaga jiwa muda, di tengah dinamika hati dan rasa, pertanyaan tentang hidup, apresiasi diri, hingga ragam emosi dalam merayakan kehidupan, merupakan sepenggal dari luasnya sudut pandang penulisan lagu dalam album ini.

"Warna musik yang baru di album ini merupakan hasil kolaborasi dengan ratusan talenta," ungkap Tulus dalam keterangan resminya. 

Dalam pengerjaannya, Tulus kembali ditemani Ari Renaldi sebagai produser. Tulus juga berkolaborasi dengan banyak musisi lintas generasi, seperti Dere, Petra Sihombing, Erwin Gutawa, hingga Topan Abimanyu dan Yoseph Sitompul.

Bersamaan dengan perilisan 'Manusia', video musik dari single 'Tujuh Belas' juga akan hadir dalam format video musiknya dan menyusul materi-materi lainnya. Saat ini, beberapa materi dalam format  video lirik sudah bisa kamu saksikan melalui kanal YouTubenya.

Album 'Manusia' juga dirilis bertepatan dengan sepuluh tahun kiprah Tulus berkarya di industri musik Indonesia. Untuk perayaannya, ia juga menghadirkan rilisan fisik  'Manusia' edisi spesial 10 Tahun Berkarya. Dalam edisi khusus ini berisi 3 album studio terdahulu, dan 1 album dokumentasi konser.

Album 'Manusia' dari Tulus ini sudah bisa kamu inikmati di berbagai layanan musik digital yang akan segera disusul oleh rilisan fisiknya.

"Semoga lagu-lagu dalam album ini tumbuh besar dan membesarkan semua hati yang mendengarkan," tutup Tulus.

Editor: Irfan Nasution

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Pemuda Berbahaya Rilis Single 'Bandar Minyak Tanah'

Jumat, 30 September 2022 | 11:24 WIB

Dhira Bongs Sapa Kembali Penggemar lewat Album Ketiganya

Kamis, 29 September 2022 | 06:40 WIB

Siap-siap, Tahun ini 'Rock in Solo' Kembali Menggelegar!

Minggu, 18 September 2022 | 17:25 WIB

'To Be King', Gebrakan Baru SUR! dengan Formasi Segar

Jumat, 9 September 2022 | 20:45 WIB

15 Tahun Hiatus, The Sastro Siap Kembali Ber'Lari 100'

Jumat, 2 September 2022 | 11:36 WIB
X