• Minggu, 25 September 2022

Indonesia Juara Umum Panahan di SEA Games 2021 Vietnam

- Jumat, 20 Mei 2022 | 12:22 WIB
 (dok. Instagram.com/indoarcherytv)
(dok. Instagram.com/indoarcherytv)

TemanBaik, Indonesia keluar sebagai juara umum cabang olahraga (cabor) panahan setelah para pemanahnya sukses memborong 5 medali emas, 1 perak, dari 10 kelas yang dilombakan di nomor recurve dan compund di SEA Games 2021 Vietnam.

Trio pemanah Merah Putih Adika Deki Hastian, Pratama Hendika Putra, dan Wisnu Prima Wardhana menjadi penyumbang emas terakhir panahan dari compound beregu putra.

Dalam lomba hari terakhir panahan yang digelar di Hanoi National Sports Training Center, Kamis (19/5/2022), Indonesia sukses menghajar Malaysia lewat skor tipis 230-229. Tim jiran yang diwakili Mohd Juwaidi Mazuki, Wong Co Wan dan Alang Ariff Aqil Muhammad Ghazali harus puas membawa pulang perak. Filipina memboyong perunggu setelah mengandaskan Thailand 231-229.

Dilansir dari indonesia.go.id, Pelatih Kepala Tim Nasional Panahan Indonesia, Nurfitriyana menyambut gembira keberhasilan anak-anak didiknya. "Anak-anak tampil luar biasa. Pertandingan menegangkan karena kemenangan Indonesia hanya berselisih satu poin dengan Malaysia," ujarnya.

Baca Juga: Mark Klok dalam Kondisi Oke, Timnas U-23 Siap Hadapi Thailand

Empat emas lainnya sudah diborong lebih dulu dari nomor recurve yang menyelesaikan pertandingannya Rabu (18/5/2022). Emas kelas perorangan putra diboyong oleh Arif Dwi Pangestu diikuti beregu putra (Alviyanto Prastyadi, Arif Dwi Pangestu, Riau Ega Agatha Salsabila), perorangan putri (Rezza Octavia), campuran (Riau Ega Agatha Salsabila/Rezza Octavia).

Pencapaian lima emas di Hanoi ini memperbaiki hasil pada SEA Games 2019 Manila saat merebut dua emas, dua perak, empat perunggu. "Hasil ini tidak terlepas dari keseriusan anak-anak dalam menjalankan program latihan. Mereka bisa meraih hasil terbaik karena tampil lepas," ujar Nurfitriyana.

Indonesia sekaligus mengulang sebagai juara umum panahan SEA Games 11 tahun lalu. Ketika itu para pemanah Merah Putih yang berlomba di Lapangan Panahan ABC Senayan, Jakarta menyetor empat emas dan dua perunggu.

Lima emas dari Hanoi ini juga melampaui target yang disepakati Pengurus Besar Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) dengan Tim Review Percepatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON) Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Dalam klasemen sementara perolehan medali seperti dilansir website resmi SEA Games 31, Indonesia telah mendulang 42 emas, 61 perak, dan 57 perunggu dan sempat berada di urutan tiga besar. Namun, akhirnya tergusur oleh Singapura yang unggul dalam perolehan emas, yakni 44 keping, 43 perak, dan 55 perunggu. Tuan rumah belum tergoyahkan di puncak klasemen sementara medali dengan 153 emas, 91 perak, 84 perunggu disusul Thailand (62 emas, 68 perak, 96 perunggu).

Editor: Irfan Nasution

Sumber: Indonesia.go id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Prediksi Line Up Persib Bandung VS Bali United

Minggu, 12 Juni 2022 | 16:18 WIB
X