• Minggu, 25 September 2022

‘Delight’, Pilihan Lagu Pop Fusion Buatmu dari Seqouia

- Kamis, 18 November 2021 | 10:40 WIB





TemanBaik, unit jazz fusion Sequoia Projects merilis single baru bertajuk ‘Delight’. Lagu ini mengingatkan pada instrumental pop fusion di pertengahan dekade 2000-an.

Mengusung gaya pop fusion dengan sedikit nuansa city pop, lagu ini sebenarnya sudah ada sejak 2006. Menariknya, saat itu lagunya masih berjudul ‘Banyumas Delight’ dan masuk ke dalam Kompilasi Jazz Masa Kini yang dirilis Aksara Records saat itu.

“Lagu 'Delight' ini sebenarnya lagu remake dari lagu di Kompilasi Jazz Masa Kini yang dirilis oleh Aksara Records tahun 2006. Dulunya lagu ini berjudul 'Banyumas Delight',” ungkap Bemby Gusti terkait perilisan lagu ini.

Meski tak mengisahkan secara spesifik ke mana hilangnya kata Banyumas dalam rilisan terbarunya, tetapi ‘Delight’ seolah jadi referensi musik city pop yang menarik untuk disimak. Mendengarkan musik Sequoia, rasanya seolah ada asupan baru soal city pop yang tak melulu bertempo cepat dengan material aksen singkup gitar tegas atau synthesizer menohok.

Baca Ini Juga Yuk: SEL Bangkitkan Memori Musik Industrial 90-an Lewat 'Relikui'

Secara musikal, ‘Delight’ menampilkan melodi gitar dominan sejak awal hingga akhir lagu. Dari sekian banyak band yang punya karya dengan pendekatan instrumental dan sentuhan jazz fusion, beberapa materi lagu Ecoutez! dalam album Ekute (2006) bisa dijadikan perbandingan.

Pemilihan langgam vokal, nuansa melodi gitar, hingga synthesizer praktis akan membawa ingatan pendengarnya pada lagu-lagu pop fusion era tersebut. Praktis, warna city pop yang mereka proklamirkan boleh jadi terbentuk dari tabuhan drum Bemby.

Selebihnya, ‘Delight’ berpotensi jadi lagu membosankan jika tak menampilkan harmoni vokal. Meski terkesan disetel seolah vokal latar, namun itu cukup membantu menjaga imajinasi pendengar.

Oh ya, sentuhan vokal latar ini juga nyaris menipu di awal komposisi karena identik sekali dengan pendekatan intro musik SORE. Namun, saat melodi gitar masuk, ciri Sequoia kembali pada dirinya sendiri.

Halaman:

Editor: Oris Riswan Budiana

Tags

Terkini

Siap-siap, Tahun ini 'Rock in Solo' Kembali Menggelegar!

Minggu, 18 September 2022 | 17:25 WIB

'To Be King', Gebrakan Baru SUR! dengan Formasi Segar

Jumat, 9 September 2022 | 20:45 WIB

15 Tahun Hiatus, The Sastro Siap Kembali Ber'Lari 100'

Jumat, 2 September 2022 | 11:36 WIB
X