• Minggu, 2 Oktober 2022

Gebrakan Musikal Revolt of Sand dalam Album Barunya

- Senin, 8 November 2021 | 12:05 WIB

Unit nu metal asal Malang, Revolt of Sand, merilis album 'In The Counterfeit Freedoom' dalam format digital. Single ini merupakan buah dari formasi baru mereka setelah berkiprah sejak 2011.

Lewat keterangan resminya, Revolt of Sand mengisahkan album ini sebagai ungkapan jiwa merdeka atas kungkungan yang dialami. Selain itu, lewat lirik lagunya, mereka mengajak pendengar merenung serta membangkitkan lagi rasa nasionalisme.

Terdapat 10 lagu dalam album penuh ini, antara lain 'Passage', 'Merah Putih Hitam', 'Rebellion Land', 'Revolt of Sand', 'Parasite of Nation', 'When the Silence Talk', 'Save the Future', 'Shadowless', 'Tak Terhenti', serta 'Epilogue'. Dari 10 materi tersebut, 'Merah Putih Hitam' jadi jagoan utamanya.

Secara eksplisit, deretan lagu dalam album ini adalah ekspresi kemarahan terhadap sistem sosial dan politik. Lewat musik, mereka menyoroti perusakan pada berbagai aspek dalam pandangan mereka yang cenderung terabaikan banyak pihak. Sebagai musisi, Revolt of Sand memilih bertindak lewat karyanya.

-

"Kondisi manusia yang tidak lagi mementingkan keinginan satu komunal menjadi dasar ideologi proses pembuatan 'In The Counterfeit Freedom', dimana Revolt Of Sand mengambil peran untuk membagi ingatan bahwa kita masih memiliki harapan untuk menjadi baik jika semua bisa menyatukan visi dan semangat baik yang sama," tulis Revolt of Sand.

Mengulas komposisi musiknya, 'In The Counterfeit Freedoom' menyajikan pendekatan nu metal serta hip metal secara dominan. Distorsi gitar menohok, tabuhan drum garang, serta teriakan vokal lantang begitu menegaskan lagu ini sebagai ungkapan kemerdekaan. Selain unsur-unsur itu, palet musik elektronik juga ditawarkan dengan hadirnya efek suara turntable di tengah melodi gitar.

Jika divisualkan, lagu-lagu dalam album ini punya dinamika layaknya roller coaster. Dinamika naik-turun dalam komposisi ini terasa seru. Namun, layaknya pendekatan nu metal, kita bisa menikmati bagian refrain lagu ini dengan mudah karena pendekatan langgam vokal yang mudah dikenali.

Sebagai informasi, lagu-lagu dalam album 'In The Counterfeit Freedom' telah dirilis pada pertengahan 2021 silam dalam bentuk fisik dan dipublikasikan lewat @fistivalley.records. Nah, sekarang, kamu sudah bisa menikmati lagu ini di berbagai layanan pemutar musik digital kesayanganmu. Selamat mengapresiasi ya!

Halaman:

Editor: Oris Riswan Budiana

Tags

Terkini

3 Pemuda Berbahaya Rilis Single 'Bandar Minyak Tanah'

Jumat, 30 September 2022 | 11:24 WIB

Dhira Bongs Sapa Kembali Penggemar lewat Album Ketiganya

Kamis, 29 September 2022 | 06:40 WIB

Siap-siap, Tahun ini 'Rock in Solo' Kembali Menggelegar!

Minggu, 18 September 2022 | 17:25 WIB

'To Be King', Gebrakan Baru SUR! dengan Formasi Segar

Jumat, 9 September 2022 | 20:45 WIB

15 Tahun Hiatus, The Sastro Siap Kembali Ber'Lari 100'

Jumat, 2 September 2022 | 11:36 WIB
X