• Minggu, 2 Oktober 2022

FLAVS Festival 2021 Siap Tersaji, Yuk! Saksikan Keseruannya

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 13:00 WIB

TemanBaik, FLAVS Festival 2021 'A Hip Hop, Soul, R&B Festival' siap digelar pada 30-31 Oktober 2021. Acara ini menghadirkan lebih dari 50 penampil dari Sabang sampai Merauke.

Mengulang suksesnya seperti pada 2020, acara besutan promotor Visicita Network ini bakal digelar daring. Tapi, bukan sembarang daring loh, mereka menyajikan fitur keren buat kamu yang menikmati konser ini meski dari rumah. Bakal ada fitur 360 panoramic journey yang membuat area festival tampak seolah ada di hadapanmu.

“FLAVS akan selalu memberikan suasana berbeda dengan mengutamakan kualitas audio visual dalam terbaik. Penonton dijamin akan terhibur menyaksikan pertunjukan acara dengan  fitur-fitur interaktif yang dihadirkan di FLAVS. Harapannya, penonton dapat tetap merasa  dekat meski acara ini berlangsung secara virtual.” ujar Ongky selaku Technical Director FLAVS 2021 dalam sesi jumpa pers.

Menurutnya, teknologi dipilih untuk mendekatkan penonton dengan para artis idolanya. Terlebih, pemegang tiket Home Weekend Party nantinya dapat berinteraksi visual dengan penampil. Sehingga, penonton dapat menikmati pengalaman festival virtual serasa menyaksikan festival offline. Pertunjukan FLAVS sendiri akan disiarkan langsung dan simultan dari panggung utama: Bounce Stage, Rhyme & Grind Stage, Boombox Stage, dan Downtown Cypher, serta satu live  graffiti room.

Di fase final line up, FLAVS Festival telah mengumumkan sejumlah penampil yang sudah tidak asing di telinga, antara lain Raisa, Ramengvrl (rapper perempuan paling bersinar saat ini di Indonesia), Jogja Hip Hop Foundation (unit hip  hop asal Jogjakarta, pemusik beat gamelan yang kerap menggunakan Bahasa Jawa), serta trio RAN.

Selain itu, ada penampilan A. Nayaka, Ben Utomo, Rayi Putra ft. DJ Ride dari DefJam  Indonesia, komika Pandji Pragiwaksono, Zero One, serta St Loco. Selain itu, nama lainnya yang diumumkan sebagai penampil di FLAVS Festival 2021 antara lain Agil  Gabagababeatz, Annelyze, Audrey Tapiheru, Bilal Muhammad, Ecko Show, Ecoutez!,  Impartairial, Jesicca Janess, Qorygore, Rizky Febian, The Lunchbreak Session, serta Vidi  Aldiano.

“Line up FLAVS tahun ini lebih bervariasi menampilkan musisi dari berbagai generasi. Sudah  saatnya mereka mendapatkan rumah yang sama untuk menampilkan musik mereka sehingga  penonton pun akan teredukasi bahwa musisi-musisi hip hop, soul, R&B di Indonesia  sebenarnya sangat banyak dan bisa ditemukan dari Sabang sampai Merauke dengan ciri  khasnya masing-masing,” ujar Yacko selaku Program Director acara ini.
-

Selain nama-nama beken di skena hip hop Tanah Air, upaya FLAVS meregenerasi talenta-talenta musik baru menjadi bagian penting dari  tema utama 'The Seeds'. Melalui tema ini, FLAVS turut menghadirkan penampil musisi muda,  antara lain pemenang FLAVS NU ICON 2021, yaitu Busnior x Windi, Negatif1, Fandawwaw  Fandowwow, VGT Remco with DJ Dice. Selain itu hadir pula musisi-musisi muda bersinar saat  ini, yaitu Kaleb J, KIM!, Morad, serta Reikko with The Akar yang tergabung dalam New Breed  Project.

Tak hanya itu, FLAVS akan menghadirkan pertunjukan musik orkestra  Symphony From Hell yang ditampilkan para punggawa hip hop, soul, R&B Tanah Air, seperti DPMB, Gantazz, Iwa K, Mario Zwinkle, Mellyana Manuhutu, Nova Ruth, Sade Susanto  ft. Al Smith, Wizzy ft. Matter Mos, Xaqhala, Yacko.

Dalam acara ini, kamu juga dapat menyaksikan berbagai  kompetisi sub-kultur hip hop, seperti DJ Battle, Graffiti, B-boy/B-girl Battle, Open  Style Battle, dan Freestyle Rap Session yang secara spesial akan tampil di salah satu panggung  FLAVS bernama Downtown Cypher. Seru, kan?

“FLAVS merupakan festival dengan musik kultur hip hop, soul and R&B yang sudah  berakulturasi dengan budaya di Indonesia," Ujar M. Riza sekalu Technical Director FLAVS Festival. 

Ia mencontohkan budaya-budaya asli Indonesia yang punya unsur kedekatan dengan hip hop, seperti budaya Palang Pintu dari Betawi, Batombe dari Sumatera Barat, Umpasa dari Batak - Sumatera Utara, dan daerah lainnya. Kedekatan ini disebutnya menjadikan hip hop mudah diterima masyarakat.

"Dari Sabang sampai Merauke, jenis musik ini punya warna khusus dengan kekhasan adat mereka di daerah masing-masing. Kita ingin menjadikan FLAVS bagai rumah untuk musik hip hop di  nusantara dan berharap ini bisa jadi sesuatu yang diperkenalkan ke dunia di masa datang," sambungnya.  

Sejalan dengan kredo FLAVS di tahun 2021 yang berbunyi 'here every seed creates diverse stories and  sounds', panitia menjamin pertunjukan bakal lebih variatif dari tahun sebelumnya. Peserta kompetisi dan pengisi acara datang dari berbagai kota di Indonesia seperti Semarang Aceh, Jayapura,  Majalengka, Bandung, Jogjakarta, Kaimana (Papua Barat), Manado, hingga Gorontalo. Ini semakin menancapkan fakta unsur budaya hip hop, soul, dan R&B sudah bersilang  dengan budaya Indonesia, tanpa menghilangkan unsur nasionalisme yang ada.

TemanBaik, FLAVS Festival 2021 bisa kamu nikmati dengan harga tiket Rp149.000 hingga Rp499.000. Kamu bisa membelinya di situs www.flavs.id. Jadi, mau nonton siapa di gelaran FLAVS Festival 2021 ini?


Foto: Dokumentasi FLAVS Festival

Editor: Oris Riswan Budiana

Tags

Terkini

3 Pemuda Berbahaya Rilis Single 'Bandar Minyak Tanah'

Jumat, 30 September 2022 | 11:24 WIB

Dhira Bongs Sapa Kembali Penggemar lewat Album Ketiganya

Kamis, 29 September 2022 | 06:40 WIB

Siap-siap, Tahun ini 'Rock in Solo' Kembali Menggelegar!

Minggu, 18 September 2022 | 17:25 WIB

'To Be King', Gebrakan Baru SUR! dengan Formasi Segar

Jumat, 9 September 2022 | 20:45 WIB

15 Tahun Hiatus, The Sastro Siap Kembali Ber'Lari 100'

Jumat, 2 September 2022 | 11:36 WIB
X