• Minggu, 25 September 2022

Ulangi Sukses Album Perdana, Coldvvave Kembali dengan Single Baru

- Minggu, 20 Juni 2021 | 10:35 WIB

Duo indie elektronik Coldvvave merilis single 'The Solemn Respite of The Cursed Faith'. Single ini menampilkan nuansa musik elektronika yang membawa kita pada nuansa lagu disko muram era '80-an.

Single The Solemn Respite Of The Cursed Faith diciptakan musiknya oleh Yogi Obluda ketika sudah pindah ke Jakarta. Proses komunikasi keduanya terbilang mudah karena memanfaatkan fitur Whatsapp dan email ketika bertukar materi. Dibanding materi pada album eigengrau, single ini memuat perubahan referensi bermusik dari keduanya mulai dari memasukkan unsur Industrial sembari banyak mendengarkan musik-musik '80-an, terutama The Sisters of Mercy.

Dalam waktu kurang dari dua minggu single, ini sudah menampakkan wujud aslinya. Setelah itu, digandenglah Yudhabrit untuk mengisi gitar. Ini merupakan komposisi pertama dengan menggunakan gitar, di mana sebelumnya materi rekaman Coldvvave tidak pernah memakai gitar. Sebagai produser, dipilih kembali frontman Rabu, Wednes Mandra, karena dirasa sudah mengenal karakter musik mereka sejak album eigengrau.

"Tidak banyak yang bisa dilakukan selama pandemi untuk mensupport perilisan album ('eigengrau') tersebut di samping pindahnya Yogi ke Jakarta," terang mereka terkait proses kreatif pembuatan lagu ini.

Baca Ini Juga Yuk: Rilis Single Baru, Leonardo Ringo Buka Jalan Menuju Album Kedua

Secara musikal, kita bisa menjumpai benang merah musik elektronika 80an yang muram. Irama disko cepat dibalut nada-nada muram seolah membangkitkan energi tersendiri saat mendengarkannya. Apabila digambarkan ulang, medengarkan lagu ini seperti menikmati gaya Coldwave, Industrial sampai Dark Wave yang menohok.

Sebagai pengingat, sebelumnya Colvvave pernah merilis album bertajuk 'eigengrau' pada Juni 2020 silam. Album dalam format kaset ini sudah habis sebelum tanggal rilisnya. Belum tahu, apakah The Solemn Respite Of The Cursed Faith bakal mengulangi kisah pendahulunya atau tidak jika dirilis dalam bentuk fisik.

Saat ini, kamu bisa menikmati 'The Solemn Respite Of The Cursed Faith' melalui situs www.coldvvave.bandcamp.com. Yuk, dukung pergerakan bermusik mereka dengan membelinya!

Foto: Dok. Coldvvave/Fotografer- Mario Ramadhan

Halaman:

Editor: Irfan Nasution

Tags

Terkini

Siap-siap, Tahun ini 'Rock in Solo' Kembali Menggelegar!

Minggu, 18 September 2022 | 17:25 WIB

'To Be King', Gebrakan Baru SUR! dengan Formasi Segar

Jumat, 9 September 2022 | 20:45 WIB

15 Tahun Hiatus, The Sastro Siap Kembali Ber'Lari 100'

Jumat, 2 September 2022 | 11:36 WIB
X