• Minggu, 2 Oktober 2022

'Real Is It' Single Baru SORE yang Berusia 25 Tahun

- Senin, 7 Juni 2021 | 12:15 WIB

Grup musik SORE belum lama ini merilis single baru berjudul 'Real, Is It'. Single ini jadi kelanjutan eksistensi mereka setelah hampir 2 tahun merilis mini album 'Mevrouw'.

Menariknya, single ini rupanya lebih lawas dari usia grup musik SORE. Ya, pada tahun 1996, Awan Garnida menulis lagu ini dengan judul 'Is It Real'. Lalu, setelah mengalami 'peremajaan' dengan masuknya sentuhan dari Ade Paloh dan Bemby, lagu ini akhirnya dirilis setelah usianya mencapai 25 tahun dengan judul 'Real, Is It'.

Lewat keterangan resminya, Ade Firza Paloh menuturkan kisah di balik lagu ini, yang menggambarkan perasaan seseorang yang sedang menjalin hubungan spesial dengan lawan jenisnya atau pendekatan. Menurut Ade, saat dua orang melakukan pendekatan, biasanya ada perasaan yang berputar dalam imaji keduanya.

"Lagunya menceritakan tentang pertanyaan pertanyaan kita kalo lagi deket sama seseorang dan tidak terjawab, yang akhirnya pertanyaan pertanyaan itu hanya bisa berputar di dalam pikiran kita, seolah olah seperti orang yang sedang berdansa," tulis Ade.

Baca Ini Juga Yuk: Bayu 'Jreng!' Ardianto, Musik yang Inklusif & Kesadaran Berbagi

Secara musikal, 'Real, Is It' menampilkan nuansa pop balada dengan sentuhan jaz dari bunyi kibor. Di sisi lain, makna peremajaan yang coba dilakukan SORE, boleh jadi mengubah musik yang biasa dihadirkan mereka pada lagu-lagu mereka sebelumnya. Namun, berterima kasihlah pada isian sesi instrumen tiup, sentuhan synthesizer, dan tak lupa karakter vokal Ade Paloh yang begitu menjejak dan menjadi ciri khas SORE.

Proses kreatif pembuatan lagu ini juga melibatkan Tia Hasibuan, produser film ternama di Indonesia. Ia memainkan ukulele di awal lagu ini. Lalu masih ada beberapa nama seperti Gilang Pramudya yang mengisi gitar, dan Jason Warowuntu, kreator di balik nuansa jazzy dari bebunyian kibor pada lagu ini, serta nama Adhi Rahman yang mengisi vokal latar.

Single yang rilis di bawah naungan SRM Band ini kabarnya bakal hadir dalam bentuk fisik yakni CD dengan jumlah terbatas pada acara Record Store Day Drops, 12 Juni 2021 mendatang. Wah, siap-siap nih, jangan sampai kehabisan stok!

Sebelum berburu CD-nya, kita sudah bisa menikmati 'Real Is It' dalam bentuk digital karena lagunya sudah tersedia di berbagai layanan pemutar musik digital. Selamat mendengarkan dan selamat berdansa dengan pikiranmu tentang seseorang!

Foto: Dok. SORE/Foto oleh Rakasyah Reza

Editor: Irfan Nasution

Tags

Terkini

3 Pemuda Berbahaya Rilis Single 'Bandar Minyak Tanah'

Jumat, 30 September 2022 | 11:24 WIB

Dhira Bongs Sapa Kembali Penggemar lewat Album Ketiganya

Kamis, 29 September 2022 | 06:40 WIB

Siap-siap, Tahun ini 'Rock in Solo' Kembali Menggelegar!

Minggu, 18 September 2022 | 17:25 WIB

'To Be King', Gebrakan Baru SUR! dengan Formasi Segar

Jumat, 9 September 2022 | 20:45 WIB

15 Tahun Hiatus, The Sastro Siap Kembali Ber'Lari 100'

Jumat, 2 September 2022 | 11:36 WIB
X