• Minggu, 25 September 2022

Memacu Kuda Besi Bareng Jenggala lewat Single 'Menantang Jarak'

- Sabtu, 5 Juni 2021 | 10:20 WIB





Unit heavy rock asal Bandung, Jenggala, baru saja melepas single berjudul 'Menantang Jarak'. Single ini jadi perkenalan bagi band beranggotakan Pupu (vokal), Lukas (bas), William (gitar) dan Usenk (drum) dalam memberikan varian menu dari musik keras.

Lewat keterangan resminya, Jenggala menceritakan lagu 'Menantang Jarak' adalah bentuk ekspresi dalam menikmati sensasi berkendara. Bagi mereka, tiap perjalanan berkendara khususnya menggunakan sepeda motor bukan hanya sebatas mengendalikan mesin untuk mencapai tujuan, namun juga merupakan bagian dari semacam proses pembelajaran.

Lebih lanjut lagi, mereka menyebut lagu ini bukan sebatas ekspresi penuntasan hasrat menikmati tunggangan. Tapi turut membuka ruang penyadaran kita sebagai manusia. Bagaimana rasa solidaritas, loyalitas, respect, disiplin, dan bahkan menyentil kepekaan kita sebagai manusia.

'Menantang Jarak' juga mencoba membuka pandangan dalam setiap perjalanan berkendara sebetulnya kita melewati banyak persoalan.

"Sebetulnya idenya cukup sederhana, hanya ingin berekspresi saat berkendara aja. Tapi kayaknya selain menikmati, saya sendiri suka ikut berpikir bahwa yang kita temui di jalan itu bukan hal biasa, dan itu jangan dianggap remeh karena bisa jadi itulah yang akan mengubah nasib kita atau nasib orang lain," kata Pupu, vokalis sekaligus penulis lirik lagu ini.

Baca Ini Juga Yuk: 'Mulai Langkahmu' Single Baru yang Enerjik dari Yura Yunita

Secara musikal, 'Menantang Jarak' menampilkan rock dinamis, cepat dan segar. Mereka mengklaim sajian musik southern dan rock n roll menjadi benang merah palet musik yang coba mereka sajikan.

Hal ini secara garis besar bisa diamini. Dengar saja tabuhan drum cepat dan konstan seolah dibanjiri distorsi gitar melimpah dan enerjiknya iringan bas. Pada divisi vokal, Pupu menyajikan hal yang boleh jadi tak terduga dengan gaya bernyanyinya yang khas.

Melodi gitar cepat nan nyaring mengembalikan ingatan kita pada musik rock lawas di masa kejayaannya. Begitupula respons dari tiap instrumen yang seolah saling mengisi. Bukan sekadar lagu rock ugal-ugalan, 'Menantang Jarak' boleh jadi salah satu soundtrack rock berkendara buat kamu yang enerjik.

"Kita sih pasti setiap orang bawa referensi dan warna berbeda dan ya ini jadi rock-nya Jenggala. Ruh dari musik rock dan metal yang kita ambil. Yang terpenting kita mainnya nyaman dan menikmati dan yang denger juga semoga bisa menikmati musik khas Jenggala,” kata Lukas, basis dan arranger lagu ini.

Halaman:

Editor: Irfan Nasution

Terkini

Siap-siap, Tahun ini 'Rock in Solo' Kembali Menggelegar!

Minggu, 18 September 2022 | 17:25 WIB

'To Be King', Gebrakan Baru SUR! dengan Formasi Segar

Jumat, 9 September 2022 | 20:45 WIB

15 Tahun Hiatus, The Sastro Siap Kembali Ber'Lari 100'

Jumat, 2 September 2022 | 11:36 WIB
X