• Minggu, 25 September 2022

Single Grunge Cepat dan "Mematikan" Terbaru dari Bias

- Kamis, 3 Juni 2021 | 11:00 WIB

Unit grunge alternatif asal Yogyakarta, Bias, baru saja melepas single baru berjudul 'Parau'. Memadukan unsur grunge dan metal, lagu ini diklaim sebagai komposisi musik yang singkat namun 'mematikan'.

Secara garis besar, lagu ini bercerita tentang konflik internal antara rasional dan irasional dari tokoh utama. Dalam konsep visual yang akan dirilisnya, mereka membungkus ide tersebut menjadi cerita seorang perempuan yang menjadi tokoh utama bertemu sebuah perkumpulan misterius. Awalnya, perempuan ini tunduk dengan apa yang terjadi di sekelilingnya, hingga pada suatu saat ia ingin melarikan diri dari perkumpulan misterius tersebut.

Kisah pergolakan antara manusia dan dirinya sendiri ini disebut mereka sebagai penggambaran, kalau di dalam diri manusia selalu ada hal yang berlawanan. Mereka menyebut hal itu sebagai pertempuran abadi manusia saat menjalani hidup.

"Kita semua sama. Dikutuk untuk terjebak dalam pertempuran abadi, baik itu dalam hal karir, cinta, maupun ambisi lainnya, atau bahkan sekedar untuk bertahan hidup," tulis mereka dalam keterangan resminya.

Baca Ini Juga Yuk: Mimpi dan Kesendirian Elephant Kind Menuju Album Tiga

Mengusung konsep musik alternatif grunge, mereka juga seolah memasukkan unsur metal ke dalam lagu ini. Porsi metal yang dimaksud begitu dominan pada divisi vokal. Dari unsur instrumentalnya sendiri, 'Parau' lebih dekat ke sentuhan musik grunge.

Hentakan drum, cabikan distrorsi gitar, serta isian instrumen bas yang terdengar enerjik seolah membawa pendengar untuk bergerak. Jika membayangkan lagu ini dibawakan secara langsung di acara-acara intim, boleh jadi, kita akan bergerak, headbang, atau moshing saat lagu ini dibawakan. Bias mengklaim, lagu ini walau singkat namun mematikan.

Sebagai pengingat, mereka juga telah mengeluarkan banyak karya sejak 2017. Sebut saja mini album 'Basa Basi' yang dirilisnya pada tahun tersebut. Perjalanan Bias dilanjutkan dengan beberapa karya rilisannya, mulai dari 'Ampas', 'Ke Barat', dan 'Sihir Pemberontak'. Single terbaru mereka ini dianggap sebagai materi yang paling primal dibanding karya-karya sebelumnya.

TemanBaik, kamu sudah bisa headbang dan moshing di tempatmu masing-masing karena lagu 'Parau' sudah bisa kamu dengarkan di berbagai layanan pemutar musik digital. Video klipnya sendiri bisa kamu saksikan mulai besok, 4 Juni 2021 di kanal YouTube Bias. Semoga bisa menjadi penyemangat harimu ya!

Halaman:

Editor: Irfan Nasution

Tags

Terkini

Siap-siap, Tahun ini 'Rock in Solo' Kembali Menggelegar!

Minggu, 18 September 2022 | 17:25 WIB

'To Be King', Gebrakan Baru SUR! dengan Formasi Segar

Jumat, 9 September 2022 | 20:45 WIB

15 Tahun Hiatus, The Sastro Siap Kembali Ber'Lari 100'

Jumat, 2 September 2022 | 11:36 WIB
X