• Minggu, 2 Oktober 2022

Nuran Wibisono, 'si Cupu' di Balik Jurnalisme Musik Tanah Air

- Sabtu, 8 Mei 2021 | 13:00 WIB





Sejak remaja sudah mengklaim dirinya "cupu", ingin jadi rockstar tapi hanya tahu 'kunci gantung' saat bermain gitar dan punya kegemaran serius terhadap musik dan menulis. Ia jauh dari tipe penulis produktif layaknya Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi dalam konteks sepakbola dan mencetak gol. Kalau diibaratkan penyerang dalam sepakbola, sosoknya ini mirip Dimitar Berbatov, striker pemalas, namun punya gaya khas dengan statistik permainan yang apik.

Ya, Nuran Wibisono namanya. Suara distorsi dari lagu Guns n Roses sudah menariknya untuk mempelajari musik saat remaja. Pada fase tersebut, hati kecil Nuran sebetulnya ingin ada di panggung festival, disaksikan puluhan ribu penonton seraya meneriakkan namanya.

"Tapi ya itu. Salah satu kemampuan terpenting yang harus dimiliki manusia adalah sadar diri," ujarnya sembari tertawa. Akhirnya, ia bersama kawan-kawannya, ia menyajikan musik-musik garage rock ala The Sigit di album pertama, atau rock liar ala The Brandals.

Untuk pertama kalinya kami melakukan sesi wawancara daring untuk segmen #MusikBaik. Benar ya, segmen ini ternyata enggak bisa digantikan oleh teknologi, secanggih apapun. Ada sedikit kecanggungan, dan boleh jadi, obrolan kami tak selepas andai kami bisa menjumpai Nuran, yang saat kami mengobrol secara virtual dirinya sedang berada di Jakarta, dan kami di Bandung.

Kami ngobrol singkat tentang perjalanan Nuran sebagai jurnalis, pecinta kuliner dan traveling. Tulisan ini dibaca normal dalam dua belas menit. Simak obrolan kami, ya.

-

Halo, Mas Nuran! Ini kita agak bingung dan salah tingkah nih. Soalnya mewawancarai pewawancara senior yang juga editor media.
"Ha ha ha ha. Enggak gitu! Santai aja."

Kegiatan jurnalistik masih aktif berarti ya, Mas?
"Masih. Sekarang kan di Tirto.id."

Ketertarikan sama jurnalistik sendiri dimulai dari kapan sih?
"Sejak SMA emang udah doyan nulis. Dulu tuh saya ngurusin mading buat pecinta alam gitu waktu SMA. Terus nemu film 'Almost Famous’ tuh, itu cukup ngasih dampak sih, kayak film wajib.”

Merasa punya kesamaan dengan film itu ya?
"Iya. Kayak cupu gitu, enggak 'sex drugs atau rock n roll' deh ibaratnya.”

Halaman:

Editor: Irfan Nasution

Tags

Terkini

3 Pemuda Berbahaya Rilis Single 'Bandar Minyak Tanah'

Jumat, 30 September 2022 | 11:24 WIB

Dhira Bongs Sapa Kembali Penggemar lewat Album Ketiganya

Kamis, 29 September 2022 | 06:40 WIB

Siap-siap, Tahun ini 'Rock in Solo' Kembali Menggelegar!

Minggu, 18 September 2022 | 17:25 WIB

'To Be King', Gebrakan Baru SUR! dengan Formasi Segar

Jumat, 9 September 2022 | 20:45 WIB

15 Tahun Hiatus, The Sastro Siap Kembali Ber'Lari 100'

Jumat, 2 September 2022 | 11:36 WIB
X