• Minggu, 25 September 2022

'Maha Sutradara', Karya Spiritual Terbaru dari Ranu Pani

- Minggu, 25 April 2021 | 11:00 WIB

Grup psikedelik pop Ranu Pani memperkenalkan single terbaru mereka, 'Maha Sutradara'. Ini merupakan lagu spiritual dengan tema psikedelik sehingga cukup jarang ditemui.

Lewat keterangan resminya, mereka menyatakan 'Maha Sutradara' adalah lagu spiritual, jika bukan disebut lagu religi. Lebih lanjut lagi, penyebutan 'Maha Sutradara' sebagai single spiritual dikarenakan lagu ini diciptakan untuk semua manusia secara universal dengan tafsir spiritualitasnya masing-masing, baik yang diakui secara formal maupun kepercayaan-kepercayaan lainnya.

Penulis sekaligus produser Ranu Pani, Upi Maajid, menerangkan benang merah dari lagu ini adalah adanya kekuatan besar. Ya, sebuah kekuatan besar di luar kendali manusia yang punya andil akan rimba raya jagad semesta.

"Apakah kekuatan besar tersebut tentunya kembali lagi tergantung tafsir masing- masing pendengar," tulisnya.

-

Baca Ini Juga Yuk: 'Pembumian Pancasila', Materi Terbaru dari The Professor Band

Secara musikal, mereka menampilkan musik dengan irama yang sebetulnya monoton, namun isian di dalamnya sangat kaya secara musikal. Kekayaan itu dibangun dari eksplorasi bebunyian instrumen seperti synthesizer, kibor, efek gitar, serta pengolahan vokal yang ciamik. Selain itu, progres akor yang tidak umum juga membuat ‘Maha Sutradara’ seolah punya karakter sendiri.

Lagu ini berdurasi enam menit, sebuah durasi yang kurang umum untuk sebuah lagu popular. Namun, durasi panjang tersebut seolah enggak berasa karena musikalitas dalam lagu ‘Maha Sutradara’ terbilang cukup kaya.

'Maha Sutradara' juga diproyeksikan menjadi single pertama dari album penuh terbaru yang akan dirilis Ranu Pani. Album penuh tersebut kabarnya bakal meluncur pada akhir 2021 mendatang.

TemanBaik, saat ini ‘Maha Sutradara’ sudah bisa kamu dengarkan di berbagai layanan pemutar musik digital. Selamat mendengarkan, ya!

Foto: Dok. Ranu Pani

Halaman:

Editor: Irfan Nasution

Terkini

Siap-siap, Tahun ini 'Rock in Solo' Kembali Menggelegar!

Minggu, 18 September 2022 | 17:25 WIB

'To Be King', Gebrakan Baru SUR! dengan Formasi Segar

Jumat, 9 September 2022 | 20:45 WIB

15 Tahun Hiatus, The Sastro Siap Kembali Ber'Lari 100'

Jumat, 2 September 2022 | 11:36 WIB
X