• Minggu, 2 Oktober 2022

Fajar Merah Siapkan Single Baru bersama Bagus Dwi Danto

- Selasa, 20 April 2021 | 10:35 WIB

Musisi Fajar Merah bakal merilis single berjudul 'Ucapkan Kata-Katamu'. Lagu ini pernah dipopulerkan oleh Dialog Dini Hari. Versi baru dari lagu ini merupakan hasil aransemen gubahan trio Pohon Tua, Brozio dan Deny dengan menambahkan beberapa polesan.

Isian yang berbeda secara menohok terdapat pada akhir lagu. Praktis, dalam proses kreatif pengerjaan single ini, Fajar dibantu beberapa musisi antara lain: Ananda Putra (saksofon) serta Dwi Mahargini (tin whistle), dan aransemen cello oleh Setyawan. Selain itu, ada pula nama Bagus Dwi Danto, musisi yang dikenal dengan moniker Sisir Tanah.

Fajar memilih Danto sebagai musisi kolaborator karena sebenarnya mereka punya beberapa proyek musik bersama. Dengan nuansa lagu Dialog Dini Hari, Fajar melihat karakter vokal Danto tidak jauh berbeda dari Dadang (Dialog Dini Hari).

"Nah, kebetulan pas rekaman single ini di Simple Plant Jogja (restoran vegan milik Bandizt manajer Fajar Merah) terus langsung ajak Danto sebagai bagian dari improvisasi, utak atik gathuk," terangnya mengenai kolaborasi ini.

-


Baca Ini Juga Yuk: Ketegasan Musik Rock Suarloca dalam Lagu 'Umbra'

Kami berkesempatan mengakses dan mengulas lagu ini sebelum nantinya disebarluaskan melalui layanan pemutar musik digital pada 1 Mei 2021. Mendengarkan lagu 'Ucapkan Kata-Katamu' tak ada bedanya seperti mendengarkan musik-musik pop folk bertema "pergerakan". Iringan gitar akustik menjadi tema besar lagunya, yang dibalut lantangnya bagian vokal dalam menyampaikan lirik berisi pesan sarat makna.

Hadirnya instrumen tiup dan strings pada aransemen lagu ini membawa angin segar dan menghidupkan nuansa baru. Sebab, tanpa adanya bebunyian dari bagian tersebut, 'Ucapkan Kata-Katamu' boleh jadi bakal tersamar di balik tumpukan lagu-lagu pop folk yang bertema senafas dengan lagu ini.

Selanjutnya, sampul atau artwork lagu ini melibatkan seniman Ivana Kurniawati. Sampul tersebut sebetulnya sudah jadi dan ketika melihat arsip karya Ivana, Fajar tertarik dengan artwork tersebut.

"Di gambar itu kan ada kayak gelembun-gelembung yang keluar dari mulut bapak, terlihat lucu, warna warni dan tidak galak. Gambar itu ku pikir mewakili musiknya dan menegaskan bahwa perlawanan itu kadang perlu hal yang manis," kata putra Wiji Thukul ini.

Rilis di bawah naungan DoggyHouse Record, single terbaru Fajar Merah bersama Bagus Dwi Danto baru bisa kamu dengarkan di berbagai layanan pemutar musik digital per 1 Mei 2021 mendatanng. Catat tanggalnya, dan jangan sampai terlewat, ya!

Foto: Dok. Fajar Merah/DoggyHouse Record/ Ilustrator-Ivana Kurniawati

Editor: Irfan Nasution

Tags

Terkini

3 Pemuda Berbahaya Rilis Single 'Bandar Minyak Tanah'

Jumat, 30 September 2022 | 11:24 WIB

Dhira Bongs Sapa Kembali Penggemar lewat Album Ketiganya

Kamis, 29 September 2022 | 06:40 WIB

Siap-siap, Tahun ini 'Rock in Solo' Kembali Menggelegar!

Minggu, 18 September 2022 | 17:25 WIB

'To Be King', Gebrakan Baru SUR! dengan Formasi Segar

Jumat, 9 September 2022 | 20:45 WIB

15 Tahun Hiatus, The Sastro Siap Kembali Ber'Lari 100'

Jumat, 2 September 2022 | 11:36 WIB
X