• Minggu, 25 September 2022

Ketegasan Musik Rock Suarloca dalam Lagu 'Umbra'

- Senin, 19 April 2021 | 09:55 WIB

Setahun mempersiapkan diri, unit rock asal Bandung Suarloca akhirnya merilis single bertajuk 'Umbra'. Lagu ini dikabarkan jadi pembuka jalan mereka menuju perilisan album perdana.

Untuk kamu yang belum kenal, Suarloca itu sendiri merupakan band beranggotakan Fahman Fauzi (drum), Husein Muhammad (gitar), Lana Syahbani (gitar), dan Pahlevi Arie (vokal, synth). Mereka sudah sempat mengeluarkan dua single sebelumnya, yaitu 'Pasang' (2019) dan 'Saturnine' (2020), yang telah tersedia di berbagai layanan pemutar musik digital.

Kembali ke perilisan lagu 'Umbra'. Jadi, materi dasar lagu ini kabarnya sudah terbentuk sejak awal 2015 silam. Berawal dari isian musik sederhana, lagu ini berkembang menjadi komposisi utuh, ketika Suarloca masih dikenal di bawah nama 408. 'Umbra' itu sendiri merupakan lagu yang terdengar akrab di telinga kawan-kawan dekat mereka, karena lagu ini enggak pernah absen masuk dalam daftar lagu yang dimainkan setiap mereka manggung.

Secara musikal, 'Umbra' mengusung konsep musik rock dengan menonjolkan instrumen gitar dan lirik bahasa Indonesia. Melalui lagu ini, Suarloca coba menyuarakan permasalahan sosial sehari-hari tentang bagaimana seseorang terjebak di bawah pengaruh sekelompok orang oportunis. Setiap baris liriknya dikemas dalam diksi yang ditulis oleh gitaris Lana Syahbani.

"Lagu ini adalah salah satu lagu tertua di Suarloca. Umbra turut membentuk karakter band kami selama beberapa tahun ke belakang. Setelah melalui proses aransemen beberapa kali, kami rasa Umbra sudah mencapai versi paling prima saat ini," terang Lana mengenai lagu ini.

-

Baca Ini Juga Yuk: Musik Hip Hop dan Siar Agama dalam Lagu 'Dunia Fana'

Dibuka dengan bebunyian fuzz serta drum yang mengalun, tanpa basa-basi lantunan vokal kemudian langsung mendobrak. Dominasi gitar di lagu ini enggak terbantahkan sama sekali, isian melodi gitar seolah terselip di keseluruhan bagan lagu. Pola ritmik pada lagu ini juga mengingatkan kita pada musik-musik rock progresif dengan pola ritmis tidak lazim.

Sebagai informasi juga, proses kreatif lagu 'Umbra' dilakukan di Studio Rekamkamar, Jakarta. Merangkap sebagai produser, Suarloca menggaet Rama Harto dan Febio Sondakh sebagai co-produser. Selanjutnya, proses mixing dan mastering lagu ini dikerjakan oleh Rama Harto, yang sebelumnya pernah mengerjakan projek bersama Iga Massardi, Ringgo 5, Zombie Autopilot, dan lain-lain.

'Umbra' juga kabarnya bakal hadir dalam format video klip. Saat ini, video klip tersebut sedang dalam proses penggarapan oleh drummer Suarloca sekaligus animator Fahman Fauzi yang juga pernah mengerjakan video musik The Fox and The Thieves, Ran, dan Isyana Sarasvati. Rencananya, video klip tersebut bakal meluncur pada bulan Mei nanti.

TemanBaik, saat ini kamu sudah bisa menikmati single ‘Umbra’ dari Suarloca melalui beberapa layanan pemutar musik digital. Semoga bisa menambah semangat Senin pagimu, ya!

Halaman:

Editor: Irfan Nasution

Terkini

Siap-siap, Tahun ini 'Rock in Solo' Kembali Menggelegar!

Minggu, 18 September 2022 | 17:25 WIB

'To Be King', Gebrakan Baru SUR! dengan Formasi Segar

Jumat, 9 September 2022 | 20:45 WIB

15 Tahun Hiatus, The Sastro Siap Kembali Ber'Lari 100'

Jumat, 2 September 2022 | 11:36 WIB
X