• Kamis, 6 Oktober 2022

Oleh-oleh dari New York, ERK Hadirkan Mini Album Baru

- Jumat, 31 Januari 2020 | 10:15 WIB

Setelah melakukan residensi singkat di New York, Amerika Serikat sekitar tujuh bulan yang lalu, Efek Rumah Kaca (ERK) akhirnya merilis sebuah EP atau mini album bertajuk 'Jalan Enam Tiga' baru-baru ini.

Band yang terbentuk sejak tahun 2001 ini digawangi oleh Cholil Mahmud (gitar & vokal), Poppie Airil (bass), dan Akbar Bagus Sudibyo (drum).

Mini album 'Jalan Enam Tiga' terdiri dari 4 lagu, termasuk lagu 'Tiba-Tiba Batu' yang sebelumnya sudah dirilis sebagai single di bulan September 2019 lalu.

Kota New York memang berperan besar bagi Cholil karena jadi tempat singgah dari sang vokalis selama 5 tahun terakhir saat ia dan istrinya melanjutkan studi. Maka, proses rekaman di studio di New York dengan memboyong seluruh personel ERK itu bisa dibilang sekaligus sebagai kenang-kenangan sebelum Cholil dan keluarganya kembali menetap di Indonesia mulai Juli tahun 2019 lalu.

Baca Ini Juga Yuk: Dream Coterie Kembali Sapa Pendengar Lewat Single Terbaru

Kedua personil ERK lainnya, Akbar dan Poppie tinggal bersama di apartemen Cholil selama tiga minggu di awal musim panas 2019 untuk mengaransemen dan melatih keempat lagu baru secara intensif yang kemudian dilanjutkan dengan sesi rekaman. Suasana musim panas kota New York secara tidak langsung berpengaruh pada nuansa lagu-lagu yang ada di mini album 'Jalan Enam Tiga'. Secara garis besar, mini album ini terdengar lebih cerah dan sederhana, seolah meninggalkan aransemen musik kompleks dengan durasi panjang yang diusung pada album sebelumnya, 'Sinestesia'.

Mini album ini sekaligus jadi momen perdana bagi Poppie yang baru resmi bergabung dengan ERK di tahun 2017 untuk menyumbangkan lagu di ERK. Dari 4 lagu yang ada di mini album ini, Poppie menciptakan dua buah komposisi lagu, yaitu 'Jalan Enam Tiga' dan 'Palung Mariana'.

ERK membeberkan bahwa lagu 'Normal Yang Baru' dipilih jadi lagu fokus di mini album 'Jalan Enam Tiga', karena terasa relevan dalam konteks bermasyarakat saat ini. "Jika terjadi sesuatu yang tidak berjalan sebagaimana mestinya, banyak dari kita yang hanya menggerutu atau bahkan memilih untuk tidak acuh tanpa melakukan aksi untuk mengubah keadaan menjadi lebih baik," tulis ERK di sebuah rilis yang diterima BeritaBaik.

"Kalau tidak ada upaya untuk mengubah sesuatu yang buruk menjadi lebih baik, berarti artinya kita sepakat akan keadaan yang berakibat keadaan tersebut, lalu dianggap menjadi sebuah normal yang baru di masyarakat," ujar Cholil tentang tema yang diangkat di lagu 'Normal Yang Baru'.

Halaman:

Editor: Irfan Nasution

Tags

Terkini

3 Pemuda Berbahaya Rilis Single 'Bandar Minyak Tanah'

Jumat, 30 September 2022 | 11:24 WIB

Dhira Bongs Sapa Kembali Penggemar lewat Album Ketiganya

Kamis, 29 September 2022 | 06:40 WIB

Siap-siap, Tahun ini 'Rock in Solo' Kembali Menggelegar!

Minggu, 18 September 2022 | 17:25 WIB

'To Be King', Gebrakan Baru SUR! dengan Formasi Segar

Jumat, 9 September 2022 | 20:45 WIB

15 Tahun Hiatus, The Sastro Siap Kembali Ber'Lari 100'

Jumat, 2 September 2022 | 11:36 WIB
X