• Rabu, 7 Desember 2022

Belanja Sambil Mengenal Desa Ramah Berkendara di ‘Festival Kreatif Lokal 2022’

- Minggu, 14 Agustus 2022 | 10:52 WIB
Festival Kreatif Lokal 2022 merupakan kegiatan yang mendukung pariwisata dan UMKM di Indonesia. (Foto: Kemenparekraf RI)
Festival Kreatif Lokal 2022 merupakan kegiatan yang mendukung pariwisata dan UMKM di Indonesia. (Foto: Kemenparekraf RI)

BERITABAIK.ID - Sebagai dukungan untuk pariwisata dan UMKM di Indonesia, ada acara seru bertajuk Festival Kreatif Lokal 2022.

Acara ini merupakan kolaborasi Kemenparekraf RI bersama Adira Finance sebagai upaya pengembangan pariwisata, budaya, kearifan lokal, dan pemberdayaan UMKM di Indonesia khususnya di desa wisata.

Festival ini bakal diadakan di 5 desa wisata di Jawa dan Bali yang meliputi kegiatan desa wisata kreatif, yaitu pelatihan dan pendampingan UMKM, festival pasar rakyat, dan jelajah desa wisata ramah berkendara.

Menparekraf Sandiaga Uno menyebut keberadaan desa wisata terbukti mampu mendorong kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja.

Di tengah kondisi pandemi lalu, tingkat kunjungan wisatawan ke desa wisata justru tumbuh 30 persen.

Baca Juga: Pemkot Bandung akan Gelar Pameran Produk Koperasi dan UMKM

"Sebanyak 50 desa wisata terbaik yang terpilih tahun lalu (ADWI 2021) semuanya mengalami peningkatan kunjungan," kata Sandiaga lewat keterangan resminya.

"Kita ingin semua desa wisata dapat meningkatkan kualitas dan ini merupakan tantangan. Kita tidak bisa kerja sendiri harus menggandeng beberapa pentahelix seperti Adira," tambah Sandiaga. 

Dia berharap program strategis seperti ini bisa terus digelar konsisten guna menumbuhkan geliat ekonomi kreatif dan pariwisata di tingkat daerah, di Indonesia.

Halaman:

Editor: Gin Gin Tigin Ginulur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10 Tips Traveling yang Aman dan Menyenangkan

Sabtu, 26 November 2022 | 08:27 WIB

Mantap! Ada Sikruit RC Baru di Antapani Kidul Bandung

Kamis, 3 November 2022 | 16:36 WIB

5 Tempat Wisata di Jawa Barat Berbalut Cerita Legenda

Minggu, 30 Oktober 2022 | 09:20 WIB
X