• Minggu, 25 September 2022

Cerita di Balik Nama Nasi Gandul, Kuliner Khas Pati yang Melegenda

- Jumat, 22 April 2022 | 15:11 WIB
Nasi gandul kuliner khas Pati yang cocok jadi menu buka puasa. (YouTube)
Nasi gandul kuliner khas Pati yang cocok jadi menu buka puasa. (YouTube)

Buat kamu para pemburu kuliner, selayaknya mencoba menikmati sensasi kenikmatan makanan khas Kabupaten Pati, Jawa Tengah, yakni Nasi gandul.

Sepintas, nama Nasi gandul sendiri terdengar unik. Dalam bahasa Jawa, Gandul berarti menggantung. Ada cerita di balik penamaan kuliner yang melegenda ini.

Menu Nasi gandul dipercaya lahir dari Desa Gajahmati Kecamatan Pati kota, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Sehingga tak jarang, para penjual nasi gandul mencantumkan nama Gajahmati, untuk menarik daya beli warga.

"Warga Pati percaya, resep pertama nasi gandul itu muncul dari sini, di Desa Gajahmati. Makanya, mayoritas warung Nasi gandul pasti membubuhkan nama Desa Gajahmati, karena memang yang asli ya di sini," ujar Meled, pemilik warung nasi gandul Pak Meled di jalan Panunggulan, Desa Gajahmati, Kecamatan Kota Pati.

Baca Juga: Peringati Hari Bumi, Google Doodle Tampilkan Dampak Perubahan Iklim yang Ekstrem

Meled mengaku warung Nasi gandul miliknya tersebut awalnya dijalankan oleh orang tuanya sejak tahun 1955. Diawali dengan berjualan secara keliling kampung hingga akhirnya diwariskan kepadanya dan memiliki tempat menetap untuk berjualan.

"Dulu kan jualan pakai dunak (bakul besar dari anyaman bambu). Sambil berkeliling desa, pas dipikul nasinya gondal-gandul. Sampailah saat itu ada sosok yang sudah dituakan di Pati yaitu Mbah Rono, menyebut nasi yang gondal-gandul saat dijual itu dinamakan nasi gandul," paparnya.

Kata gandul, merupakan bahasa Jawa yang jika diartikan bermakna menggantung. Istilah itulah yang menjadi ciri khas para penjual Nasi gandul waktu itu masih menggunakan pikulan untuk berjualan meski sudah memiliki warung tetap.

"Ya ciri khasnya ini, ada pikulan, nasinya tetap digandul pakai dunak ini. kalau gak digandul ya bukan Nasi gandul," kata Meled.

Halaman:

Editor: Gin Gin Tigin Ginulur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Para Delegasi U20 Nikmati Kuliner Khas Jawa Barat

Kamis, 1 September 2022 | 19:01 WIB
X