• Minggu, 14 Agustus 2022

Ini Dia 4 Destinasi Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi saat di Flores

- Rabu, 9 Maret 2022 | 14:37 WIB

TemanBaik, pulau Flores terkenal dengan keindahan alamnya yang eksotis. Hamparan pulau dengan pasir yang indah menjadi sensasi tersendiri ketika kamu berkunjung ke Flores, NTT.

Tak hanya Labuan Bajo atau Pulau Komodo, ternyata Nusa Tenggara Timur juga punya destinasi wisata yang tak kalah menarik loh. Ini dia empat destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi ketika ke Flores.

17 Pulau Riung
17 Pulau Riung terletak di kecamatan Riung, Kabupaten Ngada. Arti dari nama 17 Pulau Riung sendiri adalah tanggal ulang tahun NKRI, yakni 17 Agustus. 17 Pulau Riung ini terdiri dari jajaran 24 gugus pulau kecil yang saling berdekatan. Keindahan taman bawah laut yang dihuni oleh ratusan spesies ikan ini, akan sangat indah jika dinikmati pada pagi hari antara pukul 05:30-06:30 WITA.

Setiap pulau yang ada di taman laut 17 Pulau Riung ini memiliki namanya masing-masing. Mulai dari Pulau Kelelawar yang dihuni oleh ribuan kelelawar, serta Pulau Rutong yang terkenal dengan pasir putih yang begitu cantik.

Kamu bisa mengunjungi pulau-pulau kecil ini dengan menyewa kapal-kapal kecil milik nelayan setempat. Jika kamu ingin bermalam, di daerah ini sudah tersedia
homestay milik warga setempat. Oia, jangan lupa untuk membawa perlengkapan diving dan snorkeling kalian yah!

(dok. Wikipedia/Serenade)

Danau Kelimutu
Danau kelimutu adalah salah satu destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi ketika
ke Flores, NTT. Danau ini terletak di Kabupaten Ende, yang terbentuk oleh letusan gunung berapi yang dulunya sempat aktif. Danau kelimutu berada di puncak Gunung Kelimutu yang terletak di ketinggian 1.539 mdpl.

Para wisatawan yang berkunjung ke 
danau ini disarankan untuk membawa jaket tebal dikarenakan suhu udara yang cukup dingin.

Danau Kelimutu memiliki tiga warna dasar serta nama yang diberikan oleh masyarakat setempat. Danau berwarna merah bernama "Tiwu Ata Polo", danau berwarna biru "Tiwu Nuwa Muri" dan danau berwarna putih yang dinamakan "Tiwu Ata Bupu".

Untuk kamu yang berkesempatan untuk mengunjungi Danau Kelimutu, jangan lupa untuk berkunjung ke tempat pengasingan Presiden Sukarno saat menjalani hukuman sebagai tahan politik.

(dok. Wikipedia/Chapsorini)

Pantai Koka
Pantai Koka terletak di Desa Wolowiro, Kecamatan Paga, Kabupaten Sikka. Pantai ini memiliki pesona yang tak kunjung habis. Jika dilihat dari udara, bibir pantai ini berbentuk hati dengan pasir putih yang begitu indah. Pantai ini berjarak kurang lebih 40 km dari pusat Kota Maumere.

Kamu juga bisa menemukan air laut yang sangat bersih di pantai ini. Pantai ini belum begitu terjamah oleh manusia, sehingga masih sangat alami. Jika kamu butuh refreshing, tempat ini bisa menjadi salah satu destinasi penghilang stres loh!

(dok. Wikipedia/Novia Aziza)

Bukit Weworowet
Berbicara tentang keindahan alam Flores tidak akan habisnya. Flores memiliki keindahan alam yang sangat kaya, tidak hanya pantai tetapi area perbukitan di Flores juga sangat indah.

Salah satunya adalah bukit Weworowet, yang terletak di Desa Nggolonio, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo. Nagekeo merupakan kabupaten di tengah-tengah pulau Flores yang terkenal dengan cuaca panasnya.

Bukit Weworowet terbentang sangat indah dengan rumput yang menutupi permukaan bukit. Kamu juga bisa menikmati keindahan bukit Weworowet ini saat melakukan perjalanan dari Kota Mbay menuju Riung, Kabupaten Ngada. Untuk sampai di bukit Weworowet, kamu hanya memerlukan waktu kurang lebih 20 menit dari pusat Kota Mbay. 

Halaman:

Editor: Irfan Nasution

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yuk, Mengenal Sejarah Kebun Binatang Bandung

Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:24 WIB

Yuk, Jaga Kelestarian Candi Borobudur

Selasa, 7 Juni 2022 | 12:34 WIB
X