• Kamis, 6 Oktober 2022

Mahidana, Tempat Kamu "Ngejamu" dengan Cara yang Berbeda

- Minggu, 13 Juni 2021 | 12:00 WIB





TemanBaik pasti tahu jamu kan? Ya, salah satu warisan leluhur dari Indonesia yang memanfaatkan kekayaan rempah dan diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Namun sayangnya jamu seringkali dicap sebagai minuman untuk orang tua, kuno, hingga memiliki rasa yang kurang cocok di lidah anak muda. Tapi TemanBaik harus tahu, kalau sekarang banyak loh cara enak minum jamu tanpa mengurangi khasiatnya. 

Beritabaik.id berkesempatan untuk main ke kafe jamu 'Mahidana' yang terletak di jalan Ranggamalela 8 Kota Bandung, nih TemanBaik. Berdiri sejak 17 Agustus 2020, Mahidana menawarkan beragam menu jamu yang diracik dengan cita rasa nikmat untuk segala umur, termasuk generasi muda.

Berawal dari keinginan ketiga pendirinya Shella, Verry, dan Dani untuk berkarya di luar profesi mereka sebagai seorang banker. Ketertarikan ketiganya pada jamu membuat mereka ingin menjadikan jamu sebagai minuman yang bisa dinikmati banyak orang. 

"Kebetulan aku suka banget kunyit asem, dan Dani juga suka cobain jamu di Jakarta. Jadi kita mikir gimana cara bikin jamu yang bisa dinikmati semua orang. Baunya gak nyengat, rasanya bisa diterima, tapi tetap sehat," cerita Shella, salah satu pendiri 'Mahidana' pada Beritabaik.id.

-

Baca Ini Juga Yuk: Begini Cara Bikin Croffle Sendiri, Jajanan Korea yang Lagi Hit

'Mahidana' berarti warisan dari tanah dan leluhur, hal ini sejalan dengan jamu sebagai warisan leluhur Indonesia yang menyehatkan. Namun, tidak hanya untuk melestarikan budaya leluhur, Mahidana hadir dengan membawa tiga nilai utama. 

"Pertama ingin plant based, semua minuman kita vegan friendly. Berbahan dasar rempah dan pakai susu kelapa atau kedelai. Kedua, sustainable jadi kemasannya botol dan plastiknya dari singkong. Ketiga, lokal. Rempah kita dari urban farming Bandung dan ada yang ditanam sendiri," jelas Shella.  

Shella menambahkan, Mahidana ingin menghadirkan jamu yang lebih modern tanpa menghilangkan identitas jamu yaitu sebagai minuman sehat. Di sini kesehatan menjadi fokus utama, bukan hanya untuk manusia tetapi juga lingkungan.

Halaman:

Editor: Irfan Nasution

Tags

Terkini

Es Podeng, Cara Warga Pribumi 'Perangi' Makanan Kolonial

Senin, 26 September 2022 | 14:46 WIB

Para Delegasi U20 Nikmati Kuliner Khas Jawa Barat

Kamis, 1 September 2022 | 19:01 WIB
X