• Sabtu, 26 November 2022

Mi Kocok Cepay, Kuliner Legendaris tanpa Kompor

- Minggu, 6 Juni 2021 | 14:03 WIB





TemanBaik, tentu familiar dong jika mendengar kata mi kocok? Ya, kuliner ini adalah makanan khas dari Bandung. Isinya berupa mi kuning yang dipadukan dengan kikil alias kulit kaki sapi.

Umumnya, mi kocok in disajikan tanpa bakso. Kikil inilah yang menjadi penggantinya. Rasanya lezatnya bertambah dari kuah yang gurih, ditambah taburan bawang goreng dan irisan seledri. Menambahkan kecap dan sambal akan menambah rasanya makin menggugah selera. Ingin rasanya lebih sempurna? Sajian kerupuk akan membuatnya terasa lebih nikmat.

Di tempat asalnya di Bandung, mi kocok ini banyak banget yang menjual, mulai dari yang ditanggung alias dipikul, menggunakan gerobak, hingga berjualan menetap di satu lokasi. Bahkan, beberapa mi kocok sudah sangat terkenal dan legendaris banget.

Salah satu yang terkenal dan legendaris adalah Mi Kocok Cepay. Banyak hal yang menarik untuk diulas dari mi kocok ini. Simak ulasannya, yuk!

Berawal dari Jualan Keliling
Saat ini, Mi Kocok Cepay sudah berusia sekitar 46 tahun. Legendaris banget jika melihat dari usia perjalanannya, kan? Mi kocok ini sudah ada sejak 1975.

Semula, mi kocok ini dijual dengan cara berkeliling oleh Mamat Rohmat. Saat itu, Mamat menjualnya dari dengan memikul dagangannya dan berkeliling ke beberapa wilayah, salah satunya di sekitaran kawasan Cicendo.

-

Namun, seiring perjalanan waktu, mi kocok yang dijual Mamat memiliki banyak pelanggan setia. Sehingga ia merasa membutuhkan tempat yang bisa digunakan berjualan secara menetap. Ia kemudian memilih berjualan di kawasan GOR Pajajaran yang berlokasi di Jalan Pajajaran, Kota Bandung.

"Buka di GOR Pajajaran itu dari tahun 1980 sampai sekarang," kata Risna Purnama Sari.

Halaman:

Editor: Oris Riswan Budiana

Tags

Terkini

Olahan Unik Mi Instan yang Cocok Buat Kamu, Yuk Coba!

Sabtu, 5 November 2022 | 08:49 WIB

Es Podeng, Cara Warga Pribumi 'Perangi' Makanan Kolonial

Senin, 26 September 2022 | 14:46 WIB

Para Delegasi U20 Nikmati Kuliner Khas Jawa Barat

Kamis, 1 September 2022 | 19:01 WIB
X