• Minggu, 25 September 2022

Rahasia di Balik Set Menu yang Porsinya Pas di Perut

- Rabu, 2 Juni 2021 | 10:35 WIB

TemanBaik, sudah familiar dengan istilah set menu? Set menu ini merupakan salah satu bentuk penyajian makanan. Biasanya dihadirkan di hotel atau restoran.

Dalam set menu, kamu bakal disuguhi empat hingga enam jenis makanan. Setiap makanan yang disajikan biasanya berurutan dan memiliki jeda. Setelah kamu duduk di meja makanan, pelayan biasanya akan membawakan appetizer alias hidangan pembuka.

Setelah selesai, hidangan berikutnya biasanya berupa sup, sorbet, main course, dessert, dan ditutup dengan kopi atau teh. Bagi yang belum terbiasa, penyajian set menu ini akan menimbulkan tanda tanya. Kok bisa ya set menu ini pas di perut konsumennya?

Hal ini sudah diperhitungkan dengan matang loh. Sebelum makanan disajikan, chef atau koki sudah melakukan kalkulasi atau perkiraan umum sebanyak apa makanan yang 'muat' di perut konsumen.

Jadi, ketika seseorang menikmati set menu, kebanyakan akan merasa porsinya pas, enggak terlalu sedikit, tapi juga enggak terlalu banyak. Singkatnya, porsinya pas bagi orang kebanyakan.

"Bagaimana caranya chef itu tahu bikin set menu yang pas, enggak kehanyakan, tapi enggak kedikitan?" ujar Chef de Cuisine Pulmann Hotel dan Resorts Bandung Bastian Muntu.

Baca Ini Juga Yuk: Soto Pak Ento, Kuliner Legendaris yang Tersembunyi di Jalan Braga

Untuk memudahkan gambaran kamu, ia menganalogikan set menu itu pada sebuah piring. Satu piring itu dinilai cukup untuk mengisi perut konsumen. Chef kemudian bakal menghitung seluruh makanan pada set menu agar porsinya jika dikalkulasikan sama dengan satu piring.

Jika digabungkan dalam satu piring, isi set menu itu enggak bakal melebihi isi piring. Sebaliknya, jumlahnya juga akan akan kurang dari lebar piring.

"Bayangin aja tuh dari appetizer sampai dessert ada di satu piring. Kalau enggak melebihi piring, itu pasti cukup," jelas Bastian.

Ini alasannya kenapa ketika seseorang menyantap set menu biasanya tak akan merasa masih menyisakan lapar atau justru makan berlebih. Jadi penyajiannya ini benar-benar teliti dan terencana banget. Nah, jika belum percaya, kamu yang belum pernah merasakan set menu bisa membuktikannya sendiri.

Foto: Ilustrasi Unsplash/Sam Moqadam

Editor: Irfan Nasution

Tags

Terkini

Para Delegasi U20 Nikmati Kuliner Khas Jawa Barat

Kamis, 1 September 2022 | 19:01 WIB
X