bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Kisah Inspiratif
Irwansyah (26) sedang membersihkan makam di TMP Cikutra.

Cerita Irwansyah, Senang Bisa Merawat Makam Pahlawan di TMP Cikutra

BERITABAIK.ID - Hari masih pagi, Irwansyah (26) sudah bergegas pergi. Dari rumahnya di kawasan Ujungberung, dia mengendarai motor dengan kecepatan sedang.

Tujuan Irwansyah pagi itu, Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra Kota Bandung. Ayah satu anak ini harus sudah tiba di sana sebelum pukul 07.00 WIB.

Irwan, begitu dia biasa disapa, adalah pegawai honorer di TMP Cikutra. Sehari-hari, dia bertugas membersihkan makam. 

"Dulu saya bekerja di tempat reparasi komputer. Kemudian pindah ke TMP karena ada lowongan," kata Irwan kepada Beritabaik.id, Rabu (12/10/2022).

Sudah tujuh tahun lamanya Irwan bekerja di TMP Cikutra. Dia pun merasa senang meski sebatas membersihkan makam.

Baca Juga: Pesan Menohok dalam ‘Mamoney’, Single Kedua Natasha Udu

"Awalnya ada perasaan berbeda saat baru pindah. Sebelumnya kan reparasi komputer, terus jadi petugas kebersihan. Tapi pengalaman bisa didapat dari mana saja. Jadi saya ambil hikmahnya, yang terbaik saja," ujar Irwan.

Tujuh tahun bekerja di TMP Cikutra Kota Bandung, Irwan mengaku memperoleh banyak pengalaman berharga.

Selain mendapat upah bulanan sebagai tenaga honorer, dia pun menjadikan pekerjaannya sebagai ladang ibadah.

"Alhamdulillah, pengalaman di sini sangat baik. Pekerjaan di sini saya jadikan ladang ibadah, karena saya bisa merawat ikut para pahlawan," kata Irwan.

Menurut Irwan, momen yang tak terlupakan selama bekerja ketika bisa berdampingan langsung dengan Presiden Joko Widodo 2018 lalu.

Baca Juga: Ridwan Kamil Terharu saat Beri Bantuan untuk Balita Pengidap Apert Syndrom

"Di sini kebanyakan sukanya, ya salah satunya pas bisa berdampingan dengan Presiden Jokowi. Kalau dukanya, ketika ada orang meninggal yang dimakamkan di sini," ujar Irwan.

Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra merupakan satu-satunya makam pahlawan satu-di Kota Bandung. Berada di kawasan Kelurahan Cikutra, Kabupaten Cibeunying Kidul, Kota Bandung, TMP Cikutra dibangun pada 1958.

Kompleks pemakaman ini memiliki ikon dua tugu yang tinggi. Selain itu, di makam tersebut juga terdapat tugu yang bertuliskan daftar nama-nama pahlawan yang dimakamkan.

Tak sedikit tokoh pahlawan tersohor yang dimakamkan di TMP Cikutra. Sebut saja Douwes Dekker atau Setiabudi Danudirdja.

Kemudian, Moestopo yang dikenal sebagai tokoh pendidikan, serta Moh Yogie S Memet mantan Pangdam III/Siliwangi, yang juga gubernur ke-11 Provinsi Jabar dan Menteri Dalam Negeri.***

Editor : Gin Gin Tigin Ginulur

Munas Serenity 2022 Gagas Inovasi UMKM bagi Para Anggota

Pesan Menohok dalam ‘Mamoney’, Single Kedua Natasha Udu