bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Kisah Inspiratif
Nadya Amalya Yahya dan karya-karyanya yang luar biasa. Di tengah kekurangannya sebagai tunarungu, Nadya punya bakat seni yang luar biasa.

Menyelami Keindahan Gambar Nadya Sebagai Alat Komunikasi


BERITABAIK.ID
- Keterbatasan bukan alasan bagi Nadya Amalya Yahya untuk berkarya. Menjalani hidup sebagai tunarungu, Nadya dianugerahi bakat seni luar biasa dan bisa mengoptimalkannya dengan baik.

Lulusan Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Cicendo ini memang bisa dikategorikan orangnya cukup cerdas. Berkat kecerdasannya itu, Nadya pernah meraih lulusan terbaik di sekolahnya dan selalu masuk ranking.

Bahkan dia pernah mewakili Jawa Barat, ketika Nadya masih duduk di sekolahnya pada lukis atau menggambar.

Kepada Beritabaik.id, Dewi Koni Indra Wahyuni sebagai orang tua Nadya berbagi cerita. Dia menyebutkan, Nadya memang memiliki hoby khusus, salah satunya melukis atau menggambar desain fesyen.

Baca Juga: Berita Baik! Limbah Kulit Salak Berpotensi Jadi Obat Kanker Lidah

Sedari kecil, pada masa SMP, Nadya memang sangat suka dengan menggambar, seperti menggambar pemandangan, anak kecil dan lainnya.

"Kalau sekarang sih dia paling suka bikin desain-desain baju yang unik. Mungkin itu salah satu Nadya mengungkapkan kata-kata," ucap Dewi, Jumat (16/9/2022).

Nadya memang tidak bisa berbicara secara lancar. Kendati demikian, jika ingin mengungkapkan kata-kata, dia melakukannya dengan menggambar sesuatu.

"Saya juga enggak tahu ya kalau Nadya anak saya menyukai gambar-gambar. Saya sebagai orang tua, pasti mendukung aja," jelasnya.

Kekurangan yang dimiliki Nadya tak menyurutkan semangatnya merawat si buah hati. Sebagai orang tua, dirinya membimbing sampai akhirnya dia sudah besar nanti.

"Ya sudah saya menerima dan ikhlas. Kalau di sekolah pakai bahasa isyarat, kalau di rumah pakai bahasa saya, bahasa sehari-hari," ucap Dewi.

Sebagai orang tua penyintas tunarungu, Koni berharap anak tunarungu jangan dipandang sebelah mata. Bahkan, ketika kuliah nanti, ada universitas khusus anak Tunarungu.

Baca Juga: Minuman Ini Mampu Meningkatkan Imunitas saat Musim Hujan

"Semoga dia (Nadya) bisa bekerja sesuai dengan bidangnya, yaitu desain fesyen dan bisa mewujudkan apa yang dia inginkan," pungkasnya.

Belajar dari kisah Nadya, ada banyak cara buat kita menjalani hidup sebaik-baiknya. Di tengah keterbatasan, masih banyak keindahan dalam diri yang bisa kita eksplorasi dan bagikan pada banyak orang.

Tetap semangat ya, TemanBaik! ***

Editor : Okky Adiana

5 Khasiat Luar Biasa Kayu Manis, Salah Satunya Meredakan Flu

Berita Baik! Limbah Kulit Salak Berpotensi Jadi Obat Kanker Lidah