bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Kisah Inspiratif
Forum Diskusi Transportasi Bandung atau Transport for Bandung aktif menyosialisasikan transportasi publik di kawasan Bandung Raya.

Aksi Keren Transport for Bandung, Kenalkan Transportasi Publik di Bandung Raya

BERITABAIK.ID - TemanBaik, kenalan yuk sama komunitas satu ini. Namanya Forum Diskusi Transportasi Bandung atau Transport for Bandung.

Mereka aktif menyosialisasikan seputar transportasi publik yang ada di kawasan Bandung Raya.

Digagas pada 2020, forum ini menjaring pengguna transportasi publik yang ada di Bandung Raya (Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, dan Kabupaten Sumedang).

Berbagai informasi penting juga mereka bagikan di sana. Mulai dari rute transportasi publik, hingga peta sebarannya.

Ketua Forum Diskusi Transportasi Bandung Raihan Aulia mengatakan, gagasannya mendirikan forum ini terinspirasi dari gerakan serupa di DKI Jakarta. Sebelumnya, dia bergabung dengan forum tersebut pada 2014.

Baca Juga: The Overtunes dan Idgitaf Sajikan Kisah LDR dalam Single 'Benar-Benar'

“Berhubung tinggal di Bandung, jadi saya coba buat di Bandung. Setahu saya, belum ada forum serupa juga di sini,” ujarnya.

Mereka berdiskusi secara daring melalui aplikasi Telegram. Sementara gerakan sosialisasinya dilakukan di media sosial.

Saat ini, Forum Diskusi Transportasi Bandung telah menjaring 320 orang yang bergabung di Telegram.

Tak hanya berdiskusi, mereka juga coba menggaet stakeholder seperti operator transportasi publik seperti Damri atau Trans Metro Pasundan (TMP).

“Pelan-pelan kita juga terhubung dengan stakeholder. Sehingga dari diskusi tersebut, kita bisa dapet output dan inovasi dalam pengembangan transportasi publik di Bandung Raya,” kata Raihan.

Baca Juga: Mengintip Indahnya Desa Wisata Tepus di Selatan Yogyakarta

Dia tak sendiri menjalankan forum ini. Bersama 4 orang volunteer, forum ini bergerak menyosialisasikan transportasi publik yang ada di Bandung Raya.

Secara swadaya, mereka membuat peta rute angkutan umum dan menempelnya di stasiun dan halte angkutan umum di Kota Bandung.

“Tujuannya biar orang-orang tahu, oh kalau mau ke daerah ini, kita pakai transportasi apa. Untuk edukasi,” katanya.

Lebih jauh, Raihan menyebut masih banyak pekerjaan rumah untuk menata transportasi publik di kawasan Bandung Raya.

Meski demikian, dia tetap optimistis transportasi publik di kawasan ini bisa menjadi pilihan utama masyarakat di masa depan.

Baca Juga: Hangatnya Cerita dari Desa Birit, Desa Ramah Disabilitas di Klaten

“Saat ini memang kita fokus di edukasi aja. Karena rupanya masih banyak juga masyarakat yang belum mengenal transportasi publik atau misalnya bus gratis,” terangnya.

Ke depan, Raihan mewakili anggota forum berharap transportasi publik lebih dioptimalkan sehingga bisa menjadi pilihan utama masyarakat urban seperti di kawasan Bandung Raya.

“Harapannya sih transportasi publik enggak sebatas jadi aksesori dan bisa menjangkau rute yang lebih luas juga,” ucapnya.

Kamu bisa berdiskusi dan mencari tahu soal transportasi publik di kawasan Bandung Raya dengan mengikuti aktivitas mereka di Instagram @transportforbandung.***

 

 

 

Editor : Marshal Deru Bumi

50 Anak Kota Bandung Pamerkan Karya Lukis pada Acara 'Mesalin'

The Overtunes dan Idgitaf Sajikan Kisah LDR dalam Single 'Benar-Benar'