Aksi Baik Mahasiswa UGM Peduli ODGJ lewat Terapi Seni Kriya Makrame

- Jumat, 2 September 2022 | 09:35 WIB
Lima mahasiswa UGM berupaya mendukung penyembuhan ODGJ lewat terapi seni. (Foto: Dokumentasi UGM)
Lima mahasiswa UGM berupaya mendukung penyembuhan ODGJ lewat terapi seni. (Foto: Dokumentasi UGM)

BERITABAIK.ID - TemanBaik, pernah mendengar istilah terapi seni? Nah, di Bantul Yogyakarta, lima mahasiswa UGM berupaya mendukung penyembuhan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) lewat terapi ini loh!

Kelima mahasiswa tersebut adalah Ghazy Atha Fadlurahman, John Feri Jr Ramadhan (Sekolah Vokasi), Azis Bramantyo Susilo, Dheyang Annisa Widayanti (Fakultas Teknik), dan Safira Azzahra Rizwandi (FMIPA).

Mereka mengenalkan seni kriya makrame sebagai bentuk terapi seni bagi ODGJ.

Program Makrapi dilakukan dalam bentuk pelatihan interaktif bersama binaan ODGJ. Secara teknis, program ini berupa pembuatan kriya makrame dalam berbagai macam karya dekoratif.

Konsep pelatihan Makrapi dilakukan berbasis pembelajaran menyenangkan dengan mengajak binaan ODGJ untuk tidak hanya belajar membuat kriya makrame, tetapi juga berinteraksi dengan penuh keceriaan.

Baca Juga: Para Delegasi U20 Nikmati Kuliner Khas Jawa Barat

“Pelatihan ini tidak hanya menambah variasi kegiatan sebagai upaya mempercepat pemulihan. Namun, program Makrapi dapat meningkatkan kreativitas serta bentuk pelatihan kemandirian bagi warga binaan ODGJ sebagai bekal pasca pemulihan dan hasilnya bernilai ekonomis menjadi peluang pemasukan bagi pondok,” ucap Safira, salah satu anggota kelompok.

Sementara itu anggota kelompok lainnya Ghazy menjelaskan, secara filosofis, program ini ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan baru mengenai kerajinan kriya makrame.

Selain itu, program ini juga menjadi bekal untuk ODGJ berwirausaha setelah selesai masa rehabilitasi.

Halaman:

Editor: Gin Gin Tigin Ginulur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

#AksiBaik UnpadSF Merawat Kehidupan Hewan di Jalanan

Sabtu, 4 Februari 2023 | 14:50 WIB

Keren! Mahasiswa UGM Jadi Relawan di Britania Raya

Jumat, 6 Januari 2023 | 20:50 WIB
X