bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Kisah Inspiratif
Empat mahasiswa UGM menghadirkan akses literasi yang menarik untuk anak bernama Spicestory.

Kenalkan Rempah dan Kebiasaan Membaca pada si Kecil lewat Spicestory

BERITABAIK.ID - Empat mahasiswa UGM menghadirkan akses literasi yang menarik untuk anak. Dinamai Spicestory, mereka menyuguhkan satu set produk edukasi yang memiliki beragam keunggulan.

Untuk diketahui, Spicestory dibidani oleh Sania Sita Dewi dari Fakultas Pertanian, Durrotun Nabilla dari Fakultas Pertanian, Dewi Amallia dari Fakultas Psikologi, dan Lazuardi Choiri Imani dari Fakultas Ilmu Budaya.

Mereka menyebut Spicestory adalah buku pintar yang disebut smartbook dan smell sensory kit.

Smartbook-nya sendiri memiliki keunggulan berupa alur cerita yang berisi informasi seputar rempah yang dilengkapi dengan audio dan video edukasi. Buku ini juga disertai permainan yang menantang pembaca anak-anak untuk mengikutinya,” kata Sania selaku Ketua Tim.

Baca Juga: Melongok Pantai Palangpang, Destinasi Wisata yang Sedang Menggeliat

Paket Spicestory juga dilengkapi smell sensory kit, yakni permainan berupa serbuk rempah kering yang dapat melatih kemampuan indera anak dalam mengenal rempah.

Pengenalan jenis rempah pada anak ini diceritakan Sania berawal pada ketertarikan untuk mengenalkan rempah kepada anak-anak sejak usia dini.

Ide menggabungkan buku dan permainan dirasa sebagai kombinasi yang tepat untuk melakukan meningkatkan minat baca pada anak.

“Dari sana, kami menginginkan sebuah produk yang disukai anak-anak dan juga sekaligus dapat memperkenalkan mereka terhadap rempah,” ucapnya.

Baca Juga: Tradisi Adu Kuda, Simbol Harga Diri Masyarakat Muna

Selain itu, buku Spicestory ini juga dilengkapi dengan sentuhan digital, yakni dengan kode QR untuk mengakses sejumlah fitur tambahan yang dapat meningkatkan ketertarikan anak dengan rempah.

Fitur ini juga membuat mereka nyaman dan betah dalam mengikuti alur cerita.

Atas terciptanya produk ini, Alia Bihrajihant Raya, S.P., M.P., Ph.D. sebagai pembina tim Spicestory berharap buku Spicestory bisa menjadi gagasan dan ide untuk meningkatkan minat baca pada anak di Indonesia.

“(Selain itu) serta memperkenalkan rempah kepada anak-anak sedari dini,” ucapnya.***

Editor : Marshal Deru Bumi

FLAVS Festival 2022, dari Kunto Aji hingga Salon R&B Siap Menggebrak

Melongok Pantai Palangpang, Destinasi Wisata yang Sedang Menggeliat