• Sabtu, 10 Desember 2022

Mengenal Achmad Soebardjo, Tokoh yang Ikut Rumuskan Pancasila

- Selasa, 31 Mei 2022 | 15:00 WIB
Achmad Soebardjo. (gramedia.com)
Achmad Soebardjo. (gramedia.com)

Sosok yang satu ini tak terlalu populer seperti Ir Soekarno, Moh Hatta, atau Wage Rudolf Soepratman. Namun, dia memiliki peranan penting dalam sejarah Indonesia.

Ya, dia adalah Achmad Soebardjo. Dia tergabung dalam Panitia Sembilan bersama Ir Soekarno, Mohammad Hatta, dan Mohammad Yamin.

Panitia Sembilan bertugas merumuskan kembali Pancasila sebagai dasar negara berdasar pidato yang diucapkan Bung Karno pada 1 Juni 1945, dan menjadikan dokumen tersebut sebagai teks untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Dilansir dari gramedia.com, Achmad Soebardjo dianggap sebagai salah satu tokoh berpengaruh.

Dia terpilih sebagai anggota Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), yang kemudian berganti menjadi Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).

Saat menjadi anggota BPUPKI, Achmad Soebardjo berperan menyumbangkan berbagai pemikirannya dalam menyusun dasar negara bagi Indonesia merdeka. Pada sidang BPUPKI yang pertama, dia mengatakan sebagai berikut:

Baca Juga: SALUD, Edukasi Keselamatan Lalu Lintas Usia Dini ala Dishub Kota Bandung

"Dalam merancang suatu konstitusi bagi Indonesia, adalah suatu kesalahan besar bila kita hanya meniru atau menuliskan kembali suatu konstitusi dari negara-negara lain."

"Apa yang baik bagi negara-negara lain, belum tentu baik daripada suatu falsafah hidup yang asing bagi alam pikiran serta pandangan mengenai kehidupan dan dunia."

Halaman:

Editor: Gin Gin Tigin Ginulur

Sumber: gramedia.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mimpi dan Konsistensi Vanya untuk Terus Menari

Senin, 19 September 2022 | 12:15 WIB

Menyelami Keindahan Gambar Nadya Sebagai Alat Komunikasi

Jumat, 16 September 2022 | 20:30 WIB
X