• Kamis, 11 Agustus 2022

Salut, Warga Rembang Ini Perbaiki Sendiri Jalan Rusak di Wilayahnya

- Sabtu, 16 April 2022 | 16:07 WIB
Warga Rembang perbaiki jalan sendiri. (Arif Syaefudin)
Warga Rembang perbaiki jalan sendiri. (Arif Syaefudin)

Seorang pria yang bekerja serabutan asal Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, rela merogoh koceknya sendiri untuk memperbaiki jalan rusak di wilayahnya. 

Dia adalah Sodikin, warga Desa Pragen Kecamatan Pamotan, Rembang, Jateng. Jalan yang ia perbaiki adalah Jalan Pamotan-Gunem sejauh sekitar 6 kilometer.

Ia mengaku merasa prihatin dengan kondisi jalan raya setempat yang rusak parah. Bahkan, tak jarang pengguna jalan yang melintasi jalan tersebut kecelakaan karena kondisi jalan yang rusak parah.

"Diperbaikinya dengan diuruk menggunakan batu kerikil sisa pembangunan rumah. Dicicil sedikit-sedikit, kalau ada rezeki dan dapat tanah uruknya, langsung saya buat uruk jalan," kata Sodikin, Jumat (15/4/2022) lalu.

Menurutnya, kondisi kerusakan jalan tersebut sudah terjadi sejak tahun 2014 silam. Namun, hingga saat ini tak ada tanda-tanda perbaikan yang hendak dilakukan pemkab setempat.

Baca Juga: Darmanto, Cintanya pada Konservasi & Dedikasi untuk Kegiatan Kemanusiaan

"Saya sudah pernah usul ke Pemerintah Desa, ke Camat, bahkan ke Dinas Pekerjaan Umum, tapi sepertinya kok saya tidak dapat tanggapan," ucapnya.

Sodikin memulai perbaikan jalan itu sendirian. Seiring berjalannya waktu, ia pun mulai mendapatkan bantuan sedikit demi sedikit dari sejumlah tetangga yang memiliki usaha.

"Ya kalau saya ada rezeki, saya langsung uruk jalannya. Kemudian dapat sumbangan dari toko-toko, terus orang-orang yang punya usaha. Alhamdulillah selalu ada aja jalannya," terangnya.

Halaman:

Editor: Gin Gin Tigin Ginulur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengolah Sampah Jadi Berkah ala Buruan Sae Sawargi

Kamis, 4 Agustus 2022 | 15:11 WIB

Ridwan Kamil Dinobatkan sebagai Ayah Inspiratif

Senin, 25 Juli 2022 | 18:59 WIB
X