bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Kesehatan
Ilustrasi asam lambung.

Pisang hingga Jahe, Coba Makanan Ini saat Asam Lambung Menyerangmu

 

BERITABAIK.ID - Penyakit asam lambung memang cukup banyak ditemui pada masyarakat Indonesia. Meski begitu, jika kamu memiliki penyakit bawaan ini, perlu antisipasi agar asam lambungmu tak mengganggu rutinitas.

Sedikit mengulas, gejala penyakit asam lambung yang muncul pada tubuh seseorang antara lain adalah timbulnya rasa nyeri ulu hati (heartburn).

Sensasi panas atau perih di dada hingga kerongkongan, termasuk rasa pahit dan asam yang muncul di pangkal tenggorokan.

Pada beberapa kasus asam lambung yang masuk ke tahap parah,  maka penderita akan mengalami kesulitan dalam menelan makanan.

Baca Juga: Latih 6 Gerakan Ini untuk Tingkatkan Kesehatan Mata

Melihat kondisi tersebut, maka penting bagi kita untuk melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan atau mengetahui cara meringankan gejala asam lambung.

Dalam keterangan resmi di laman Kemenkes RI, berikut ini adalah beberapa makanan yang berfungsi menurunkan gejala asam lambung. Yuk, kita simak ulasannya!

1. Sayuran

Jenis sayuran seperti brokoli, asparagus, kembang kol, kentang, mentimun, dan sayuran berdaun hijau lainnya diyakini dapat menurunkan asam lambung. Cek ketersediaannya di rumah, ya!

2. Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dipercaya dapat menjadi pengobatan alami penyakit asam lambung, sakit maag, maupun masalah pencernaan lainnya.

Sudah cek ketersediaannya di rumah?

Baca Juga: Dua Tahun Kelahiran Album, Nadin Amizah Siapkan Konser Tunggal

3. Pisang

Beberapa buah non-sitrus seperti pisang merupakan makanan yang baik untuk penderita asam lambung, karena menjadi buah penurun asam lambung.

Buah ini juga relatif mudah kamu dapatkan di supermarket atau pasar tradisional. Jangan lupa, penuhi ketersediaannya ya! 

4. Putih Telur

Selain sehat, putih telur merupakan pilihan makanan yang bagus untuk penderita asam lambung.

Namun tidak untuk kuning telur, hal ini dikarenakan kuning telur mengandung lemak cukup tinggi dan dapat memicu gejala refluks asam lambung.

Baca Juga: Selamat! Atalia Praratya Raih Gelar Doktor dengan Predikat Cum Laude

5. Yoghurt

Terkadang penderita asam lambung menghindari konsumsi yoghurt karena ditakutkan akan memperparah keadaan. Namun yoghurt justru memiliki efek yang baik untuk penderita asam lambung karena sudah difermentasi.

Selain kelima makanan tadi, penyakit asam lambung bisa dihindari dengan menjaga pola makan dan juga kadar stres. Sebab, keduanya bisa menjadi pemicu naiknya asam lambung yang dapat mengganggu kegiatanmu sehari-hari.

TemanBaik, yuk, sama-sama biasakan diri untuk hidup lebih sehat! ***

Editor : Ely Kurniawati

Seperti Malioboro, Yuk Intip Wajah Baru Jalan HZ Mustofa Tasikmalaya!

Latih 6 Gerakan Ini untuk Tingkatkan Kesehatan Mata