• Kamis, 6 Oktober 2022

Berita Baik! Limbah Kulit Salak Berpotensi Jadi Obat Kanker Lidah

- Jumat, 16 September 2022 | 14:05 WIB
Ilustrasi kulit salak. (Unsplash.com/Wahyu Trianto)
Ilustrasi kulit salak. (Unsplash.com/Wahyu Trianto)

BERITABAIK.ID - Ada berita baik nih! Limbah kulit salak pondoh berpotensi menjadi obat kanker lidah.

Hal itu disampaikan oleh mahasiswa Pendidikan Dokter Gigi UGM,  Mutia Fitri Akmalia. Ia menjelaskan, kulit salak pondoh kaya akan senyawa aktif seperti flavonoid, tanin, fenol, triterpenoid, saponin, dan alkaloid.

Berbagai senyawa tersebut memiliki beragam manfaat bagi tubuh termasuk sebagai anti tumor.

Melihat potensi yang terdapat dalam kulit salak pondoh, Mutia dan Agita Brianisa (Higiene Gigi 2019), Andini Safa Ramadhanty (Pendidikan Dokter Gigi 2019), Adventya Pinkan (Higiene Gigi 2019) dan Ane Tefvy Setyorini (Biologi 2019) yang tergabung dalam tim PKM RE UGM melakukan penelitian untuk menggali potensi ekstrak kulit salak sebagai agen antimigrasi sel kanker.

Di bawah bimbingan Prof. drg. Supriatno, M.Kes., MD.Sc., Ph.D mereka meneliti manfaat kulit salak sebagai agen antimigrasi sel kanker khususnya kanker lidah.

“Kanker lidah atau oral tongue squamous cell carcinoma (OTSCC) merupakan neoplasma ganas mematikan yang paling sering terjadi di rongga mulut. Kanker jenis ini dapat menyebar hingga ke paru-paru dan hati dimana salah satu tahap penting dari proses persebaran tersebut adalah migrasi,” ucapnya.

Baca Juga: Atalia Ajak Masyarakat Tanam Pohon di Lahan Kritis

Penelitian dimulai dengan membuat ekstrak kulit salak. Ekstrak yang diperoleh kemudian dikeringkan dan digiling sampai menjadi serbuk. Sediaan tersebut lalu direndam dalam larutan etanol selama 24 jam untuk mendapatkan ekstrak kental.

Selanjutnya, mereka melakukan pengujian akan hambatan migrasi kemotaksis sel kanker lidah manusia H357 dengan berbagai konsentrasi dari ekstrak kulit salak pondoh.

Halaman:

Editor: Marshal Deru Bumi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sering Migrain, Yuk Hindari Makanan dan Minuman Ini!

Minggu, 2 Oktober 2022 | 11:00 WIB

Ada Jus dan Kopi, Hindari 5 Minuman Ini saat Cuaca Panas

Jumat, 30 September 2022 | 08:45 WIB

Waspada Mata Merah, Cek di Sini Apa Saja Penyebabnya!

Senin, 26 September 2022 | 07:10 WIB
X