bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Kesehatan
Minum kopi tiga sampai empat cangkir sehari dapat memberikan manfaat menurunkan risiko cedera ginjal akut.

Minum Kopi 3 Cangkir Sehari Punya Manfaat Besar bagi Kesehatan Ginjal

 

BERITABAIK.ID - Berdasarkan sebuah studi, minum kopi tiga sampai empat cangkir sehari dapat memberikan manfaat paling optimal menurunkan risiko cedera ginjal akut. 

Studi terbaru yang dimuat dalam Kidney International Reports menganalisis data dari 14.207 orang dewasa berusia 45-64 tahun yang diambil dari studi Atherosclerosis Risk in Communities (ARIC).

Para partisipan dalam studi ini diminta mengisi kuesioner untuk mengetahui seberapa sering mereka mengonsumsi kopi.

Sebanyak 27 persen partisipan tidak pernah minum kopi, 14 persen minum kurang dari satu cangkir perhari, dan 19 persen minum satu cangkir kopi per hari.

Baca Juga: Cara Bijak Menggunakan Air Bersih di Rumah agar Lebih Hemat

Selain itu, sekitar 23 persen partisipan minum 2-3 cangkir kopi perhari dan 17 persen minum lebih dari tiga cangkir sehari.

Seperti dilansir dari laman Medical News Today, tim peneliti lalu melakukan pemantauan terhadap para partisipan selama 24 tahun.

Selama pemantauan ini, tim peneliti menemukan ada 1.694 kasus kejadian AKI di antara para partisipan.

Hasil studi menunjukkan, orang-orang yang mengonsumsi kopi, dalam jumlah berapa pun, memiliki risiko AKI yang lebih rendah 11 persen dibandingkan orang-orang yang tak mengonsumsi kopi.

Baca Juga: Mengintip Karya 18 Seniman Autisme dalam Eksibisi Audio Visual ‘ARTISM’

Tim peneliti juga menemukan bahwa konsumsi 2-3 cangkir kopi per hari dapat memberikan manfaat yang paling optimal dalam menurunkan risiko AKI.

Terkait temuan ini, tim peneliti menilai manfaat kopi terhadap penurunan risiko AKI kemungkinan berasal dari kandungan senyawa bioaktif di dalam kopi.

Senyawa bioaktif ini dinilai dapat meningkatkan perfusi dan pemanfaatan oksigen di ginjal. Studi ini dilakukan dengan menyoroti konsumsi kopi hitam.

Menurut dua peneliti dalam studi, yaitu Dr Kalie L Tommerdahl dan Dr Chirag Rohit Parikh, penambahan bahan lain dalam kopi mungkin bisa mempengaruhi manfaat tersebut.

"Bahan tambahan kopi seperti susu, half-and-half, krimer, gula, atau pemanis juga bisa mempengaruhi hasil akhir (dari manfaat kopi pada ginjal dan diperlukan investigasi lebih lanjut (untuk mengetahui itu)," ungkap kedua peneliti.***

Editor : Ely Kurniawati

Menelisik Seluk Beluk Pasar dalam Pameran Fotografi 'Manifesto Pasar'

Cara Bijak Menggunakan Air Bersih di Rumah agar Lebih Hemat