• Selasa, 27 September 2022

Mengenali Sisi Gelap Diri lewat Buku 'Merawat Luka Batin'

- Senin, 23 Mei 2022 | 08:17 WIB
 (dok. Gramedia Pustaka Utama)
(dok. Gramedia Pustaka Utama)

TemanBaik, Dokter Spesialis Kedokteran Kejiwaan, dr. Jiemi Ardian Sp.Kj baru saja merilis buku terbarunya yang berjudul 'Merawat Luka Batin' melalui penerbit Gramedia Pustaka Utama. Buku ini berisikan langkah praktis untuk alat swabantu dalam mengenali sisi gelap dalam diri dan depresi

Buku self improvement terbaru bertema kesehatan mental ini diluncurkan pada hari Minggu (22/5), bertempat di Gramedia Central Park Mall, Jakarta Barat. Pada peluncurannya, Penerbit Gramedia Pustaka bekerjasama dengan Noice, sebuah aplikasi konten berbasis audio menghadirkan bincang buku yang mengupas lebih dalam tentang buku 'Merawat Luka Batin' bersama penulis dr. Jiemi Ardian Sp.Kj dengan dipandu oleh Tiffani Afifa seorang content creator, dokter, dan juga penyanyi.

Melalui buku ini, dr. Jiemi Ardian Sp.Kj menjelaskan bahwa depresi merupakan kumpulan perasaan yang sangat mengganggu dan begitu melekat seakan kita tidak bisa terlepas darinya. Semua orang yang mengalaminya ingin menjauh dari pola merusaknya.

Namun, sebanyak apapun motivasi seperti "Kamu pasti bisa melewati semua ini", dukungan "Kamu harus bersyukur, banyak orang yang tidak seberuntung kamu", atau saran "Kamu kurang beriman, banyak-banyaklah berdoa", depresi tetap ada.

Depresi tidak akan hilang dengan senyuman atau tawa palsu yang seolah-olah obat bius maupun usaha berkata kepada diri sendiri "Ayo kamu pasti bisa" yang sesungguhnya sama saja dengan membohongi diri.

dr. Jiemi Ardian Sp.KJ, adalah seorang dokter yang menamatkan pendidikan dokternya dan spesialis kedokteran jiwa di Universitas Sebelas Maret. Sejak masa pendidikan kedokteran jiwa, Jiemi sangat tertarik dengan tema depresi, bunuh diri, self-harm, dan trauma.

Baca Juga: Soal Aturan Lepas Masker, Pakar Unpad: Tetap Berhati-hati dan Batasi Diri

Berangkat dari pengalaman pribadi, ia ingin sebanyak mungkin orang mengizinkan dirinya ditolong dan mendapatkan kembali kebahagiaannya. Saat ini, Jiemi juga masih terus belajar hingga tersertifikasi sebagai pengajar Mindfulness Based Stress Reduction (MBSR) dan Mindfulness Based Cognitive Therapy (MBCT) dari Mindful Academy Solterreno, Spanyol dan Bangor University, Wales.

Buku 'Merawat Luka Batin' ini berisi tentang bagaimana proses berpikir, bukan sekadar berpikir dengan positif. dr. Jiemi Ardian Sp.KJ menguraikan istilah yang banyak digunakan orang yaitu "You are what you think,". Padahal, ketika saya berpikir saya kaya, uang dalam rekening saya tidak bertambah.

Akan lebih tepat jika kutipan ini sedikit diubah menjadi "You are how you think", karena perasaan dan diri kita akan bergantung dengan bagaimana cara kita berpikir. Dijelaskan pula dalam buku ini bagaimana kita memahami sisi gelap diri kita dan pikiran kita dan cara kita meneranginya, berlatih mindfulness, tips cara menghindari dan mengatasi pikiran-pikiran tentang menyakiti diri sendiri bahkan dorongan untuk bunuh diri hingga pemahaman bagi kita untuk mengasihi dan membantu orang dengan depresi.

Menurut dr. Jiemi Ardian Sp.KJ buku ini tidak dapat menggantikan peran tenaga profesional, psikiater, maupun psikolog klinis, akan tetapi buku ini dapat dijadikan pegangan bersama tenaga kerja profesional untuk keluar dari depresi.

"Saya menyusun buku yang berisi langkah-langkah praktis ini sebagai alat swabantu untuk mengenali dan mengatasi depresi. Apa saja yang perlu dilakukan, ke mana kita mencari pertolongan, perlukah menggunakan obat-obatan dari psikiater, dan teknik apa yang perlu dilakukan akan coba dibahas dalam buku ini. Untuk kepentingan pembelajaran, semua kisah di buku ini adalah ilustrasi, bukan rahasia pasien yang diceritakan ulang."

Editor: Irfan Nasution

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waspada Mata Merah, Cek di Sini Apa Saja Penyebabnya!

Senin, 26 September 2022 | 07:10 WIB

Konsumsi Buah Sebelum Makan Ternyata Banyak Manfaatnya

Senin, 26 September 2022 | 06:05 WIB

Simak 12 Manfaat Luar Biasa Biji Labu bagi Kesehatan

Sabtu, 24 September 2022 | 09:44 WIB

7 Makanan Ini Mampu Meredakan Batuk dan Pilek Lebih Cepat

Minggu, 18 September 2022 | 18:45 WIB

10 Manfaat Berjalan Kaki bagi Kesehatan Tubuh

Sabtu, 17 September 2022 | 10:23 WIB

Minuman Ini Mampu Meningkatkan Imunitas saat Musim Hujan

Jumat, 16 September 2022 | 06:05 WIB
X