Menkes: Pelonggaran Pemakaian Masker, Transisi Pandemi ke Endemi

- Rabu, 18 Mei 2022 | 10:14 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi. (setkab.go.id)
Menteri Kesehatan Budi Gunadi. (setkab.go.id)

Pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker bagi masyarakat yang beraktivitas di luar ruangan atau area terbuka.

Kebijakan tersebut digulirkan seiring dengan kondisi penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia yang semakin terkendali. 

Selain itu, pemerintah juga menghapuskan kewajiban menunjukkan hasil tes Covid-19 bagi pelaku perjalanan domestik dan luar negeri yang telah divaksin Covid-19 dosis lengkap.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi mengatakan, kebijakan yang diambil pemerintah tersebut merupakan bagian upaya transisi dari pandemi ke endemi.

“Bapak Presiden sudah menyampaikan berita gembira buat kita semua. Itu merupakan salah satu bagian dari program transisi yang pemerintah siapkan secara bertahap dari pandemi ke kondisi endemi,” ujar Menkes dalam keterangan pers, Selasa (17/5/2022) secara virtual.

Pemerintah melakukan upaya transisi secara bertahap dengan memperhatikan imunitas masyarakat terhadap Covid-19, termasuk varian baru Corona.

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Terkendali, Kini Masyarakat Boleh tak Pakai Masker

Budi mengatakan, varian baru Omicron BA2 yang memicu lonjakan kasus di sejumlah negara dan telah terdeteksi di tanah air tidak memicu lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia.

“Ternyata BA2 itu sudah dominan juga di Indonesia dan di India tetapi berbeda dengan negara-negara lain seperti Cina dan Amerika, kita tidak mengamati adanya kenaikan kasus yang tinggi dengan adanya varian baru," kata Budi.

Halaman:

Editor: Gin Gin Tigin Ginulur

Sumber: Setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X