• Senin, 8 Agustus 2022

4 Cara Sederhana untuk Atasi Hidung Tersumbat saat Tidur

- Selasa, 17 Mei 2022 | 09:15 WIB
 (dok. Ilustrasi Unsplash/Kelly Sikkema)
(dok. Ilustrasi Unsplash/Kelly Sikkema)

TemanBaik, hidung tersumbat adalah kondisi yang bisa sangat mengganggu bagi kita. Terlebih, jika terjadi pada saat kita tidur di malam hari. Hidung tersumbat dapat membuat kualitas tidur menjadi kurang baik akibat tidak nyenyak.

Biasanya, hidung tersumbat diakibatkan oleh pembengkakan pada jaringan dan pembuluh darah yang ada di sekitar hidung. Kondisi ini bisa terjadi karena adanya cairan berlebih pada bagian tersebut.

Banyak faktor yang menjadi pemicu hidung tersumbat. Dari mulai alergi, infeksi virus, hingga penyakit tertentu, seperti sinusitis.

Nah, agar tidur kita lebih nyenyak, penting untuk mengetahui cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur. Gejala hidung tersumbat yang muncul saat tidur bisa mengganggu, dan membuat tidur menjadi tidak berkualitas.

Baca Juga: Geger Hepatitis Akut, Menkes Minta Masyarakat Jaga Kebersihan Diri

Dilansir dari laman Healthlibe, berikut ini beberapa cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur yang bisa dilakukan. Yuk, simak!

Mengatur Posisi Tidur
Salah satu cara mengatasi hidung tersumbat saat malam hari adalah dengan mengatur posisi tidur. Aturlah posisi tidur dengan posisi bantal yang lebih tinggi. Hal ini bisa mencegah cairan lendir menumpuk di hidung, yang bisa memperparah sumbatan. Tidur dalam posisi duduk atau setengah duduk juga bisa dicoba sesekali.

Pelembap Udara
Udara yang terlalu kering menjadi salah satu penyebab gangguan pernapasan memburuk, termasuk hidung tersumbat. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan memasang pelembap udara alias humidifier.

Mandi Air Hangat
Mandi air hangat sebelum tidur juga membantu mengurangi rasa tidak nyaman akibat hidung tersumbat. Uap hangat membantu mengencerkan lendir sehingga bisa keluar dengan lebih mudah.

Minum Obat
Cara selanjutnya untuk mengatasi kondisi ini adalah mengonsumsi obat-obatan. Hal ini biasanya dilakukan jika hidung tersumbat terjadi karena penyakit tertentu, misalnya pilek atau flu.

Editor: Irfan Nasution

Sumber: healthline.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Simak Baik-baik, Ini Cara Efektif Berantas DBD

Kamis, 21 Juli 2022 | 16:21 WIB
X