• Kamis, 6 Oktober 2022

Ini Beberapa Dampak Kurang Tidur bagi Kesehatan Tubuh

- Selasa, 17 Mei 2022 | 09:00 WIB
 (dok. Ilustrasi Unsplash/Lux Graves)
(dok. Ilustrasi Unsplash/Lux Graves)

TemanBaik, dengan banyaknya aktivitas harian, buruknya manajemen waktu, gaya hidup dan kebiasaan yang tidak sehat, bisa menjadi faktor penyebab seseorang mengalami kurang tidur. Sedangkan, dampak kebiasaan kurang tidur nyatanya sangat berbahaya bagi kesehatan dan tubuh kita. 

Dampak yang ditimbulkan dari kurang tidur tidak hanya perkara rasa kantuk yang berlebihan saja loh! Kurang tidur dapat menyebabkan banyak gangguan pada kesehatan fisik maupun mental kita.

Nah, untuk itu kita sebaiknya menghindari kurangnya waktu tidur kita. Selain itu, penting bagi kita untuk mengetahui dampak kurang tidur bagi kesehatan kita. Kemudian, yang terpenting adalah kita juga harus mengetahui cara-cara sederhana yang bisa membuat kita mendapatkan tidur yang berkualitas.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami kurang tidur. Dari mulai kebiasaan tidur yang buruk, kondisi stres dan gangguan kecemasan, hingga adanya riwayat penyakit tertentu. Hal tersebut berbanding lurus dengan dampak yang ditimbulkannya terhadap kesehatan.

Dilansir dari Healthline, berikut ini adalah beberapa gangguan kesehatan yang bisa terjadi jika kamu mengalami kekurangan tidur dalam waktu yang cukup lama.

Baca Juga: Penyakit Kuku dan Mulut pada Hewan Tidak Menular pada Manusia, Ini Cirinya

Obesitas
Salah satu faktor seseorang mengalami kenaikan berat badan adalah kurang tidur. Kebiasaan kurang tidur nyatanya berkaitan langsung dengan peningkatan rasa lapar dan nafsu makan. Sebuah penelitian di tahun 2004 mengatakan bahwa orang yang tidur kurang dari enam jam berisiko 30 persen menjadi lebih gemuk dibandingkan mereka yang tidur 7 hingga 9 jam.

Saat kita kekurangan tidur, hal ini meningkatkan ghrelin sehingga rasa lapar juga akan meningkat. Selain itu, leptin yang memberikan sinyal rasa kenyang pada otak akan menurun. Inilah yang membuat kamu terus merasa lapar ketika kekurangan tidur. Hasilnya, berat badan bisa saja meningkat akibat porsi makan yang berlebihan.

Depresi
Kurang tidur dapat memicu kamu mengalami perubahan suasana hati, menjadi lebih emosional, hingga lebih mudah tersinggung. Jika kebiasaan ini tidak diperbaiki, bukan tidak mungkin kamu bisa mengalami depresi hingga gangguan kecemasan akibat kekurangan tidur dalam waktu yang cukup lama.

Diabetes
Jika kamu memiliki riwayat keluarga atau kesehatan dengan penyakit diabetes sebaiknya pastikan kamu memenuhi kebutuhan tidur dengan baik. Pasalnya, kekurangan tidur dapat menyebabkan gangguan produksi insulin dalam tubuh yang berisiko meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.
Selain memenuhi kebutuhan tidur, sebaiknya pastikan kamu rutin berolahraga dan menjalani diet sehat diabetes agar penyakit yang kamu alami tidak semakin memburuk.

Fokus Menurun
Jika kamu kekurangan waktu tidur, kemampuan untuk fokus dan kreativitas dapat menurun. Jadi, sebaiknya perhatikan waktu tidur yang kamu miliki saat ini. Semakin terpenuhi waktu tidur, maka akan semakin baik untuk kemampuan dalam berpikir.

Gangguan Jantung
Kurang tidur berisiko menyebabkan tekanan darah tinggi yang bisa memicu gangguan jantung. Selain memenuhi kebutuhan tidur, pastikan kamu mengonsumsi makanan sehat dan mengurangi konsumsi makanan berlemak agar terhindar dari gangguan jantung.
Itulah dampak kurang tidur bagi kesehatan. Yuk, TemanBaik kita mulai ubah kebiasaan tidur agar kondisi kesehatan dapat terjaga dengan baik.

Editor: Irfan Nasution

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sering Migrain, Yuk Hindari Makanan dan Minuman Ini!

Minggu, 2 Oktober 2022 | 11:00 WIB

Ada Jus dan Kopi, Hindari 5 Minuman Ini saat Cuaca Panas

Jumat, 30 September 2022 | 08:45 WIB

Waspada Mata Merah, Cek di Sini Apa Saja Penyebabnya!

Senin, 26 September 2022 | 07:10 WIB
X