• Kamis, 6 Oktober 2022

Cegah Hepatitis Akut Misterius, Pakar Unpad: Utamakan Pola Hidup Sehat

- Selasa, 10 Mei 2022 | 08:51 WIB
Kementerian Kesehatan mengeluarkan surat edaran untuk peningkatan kewaspadaan terkait kasus Hepatitis Akut yang menyerang anak-anak. (Ilustrasi/Pixabay)
Kementerian Kesehatan mengeluarkan surat edaran untuk peningkatan kewaspadaan terkait kasus Hepatitis Akut yang menyerang anak-anak. (Ilustrasi/Pixabay)

Penyakit hepatitis akut misterius menggegerkan dunia. Berdasarkan laporan WHO, kasus tersebut pertama ditemukan di Inggris awal April lalu.

Per tanggal 1 Mei, hepatitis akut telah menyebar di 20 negara, termasuk Indonesia. Kementerian Kesehatan melaporkan total 15 kasus anak Indonesia diduga terinfeksi hepatitis misterius.

Guru Besar Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Prof Dr Dwi Prasetyo, dr., Sp.A(K), M.Kes mengatakan, penyakit hepatitis salah satunya ditularkan melalui pola hidup yang tidak sehat.

Untuk itu, Prof Dwi mengingatkan masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat dan sering menjaga kebersihan tubuh. Utamanya adalah menjaga kebersihan tangan.

Kendati demikian, masyarakat Indonesia telah banyak belajar menjaga kebersihan dari pandemi Covid-19, sehingga hal ini dapat memperkuat kewaspadaan masyarakat dalam menghindarkan diri dari penularan hepatitis misterius.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Menghilangkan Lingkaran Hitam di Mata

“Masyarakat sudah punya pengalaman tentang hidup sehat dari Covid-19. Ini salah satu cara mencegahnya,” kata Prof Dwi seperti dikutip dari unpad.ac.id.

Jika terindikasi tertular, Prof Dwi menyarankan untuk segera memeriksakan diri ke layanan kesehatan.

Ciri umum yang mudah terlihat dari penyakit hepatitis adalah mata dan kulit yang menguning, warna urine kuning pekat, hingga memiliki gejala demam, mual, dan muntah.

Halaman:

Editor: Gin Gin Tigin Ginulur

Sumber: unpad.ac.id.

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sering Migrain, Yuk Hindari Makanan dan Minuman Ini!

Minggu, 2 Oktober 2022 | 11:00 WIB

Ada Jus dan Kopi, Hindari 5 Minuman Ini saat Cuaca Panas

Jumat, 30 September 2022 | 08:45 WIB

Waspada Mata Merah, Cek di Sini Apa Saja Penyebabnya!

Senin, 26 September 2022 | 07:10 WIB
X