• Kamis, 6 Oktober 2022

Ini 4 Kebiasaan yang dapat Meningkatkan Risiko Penularan Hepatitis A

- Rabu, 4 Mei 2022 | 17:03 WIB
 (dok. Ilustrasi Unsplash/Julien Tromeur)
(dok. Ilustrasi Unsplash/Julien Tromeur)

TemanBaik, penyakit Hepatitis A adalah infeksi hati menular yang disebabkan oleh virus hepatitis A (HAV). Virus ini mengakibatkan peradangan dan kegagalan fungsi hati.

Hepatitis A biasanya menular melalui makanan atau air yang terkontaminasi. Selain itu, bisa juga melalui kontak dekat dengan orang atau benda yang terinfeksi. Pada kebanyakan kasus, hepatitis A bisa sembuh total tanpa kerusakan hati permanen.

Namun, bukan berarti kita bisa menyepelekan penyakit ini. Selain mendapatkan vaksinasi, kamu bisa mencegah hepatitis A dengan menjauhi kebiasaan-kebiasaan yang dapat meningkatkan risiko terpapar penyakit tersebut. 

Cara Penyebaran
Hepatitis A disebabkan oleh virus yang menginfeksi sel hati sehingga mengakibatkan peradangan. Saat mengalami peradangan, fungsi organ hati terganggu dan kita bisa mengalami sejumlah tanda dan gejala .

Virus paling sering menyebar ketika kamu makan atau minum sesuatu yang sudah terkontaminasi kotoran orang yang terinfeksi, bahkan dalam jumlah kecil. Namun, virus ini tidak menyebar melalui bersin atau batuk.

Berikut ini beberapa cara spesifik virus hepatitis A bisa menyebar. Pertama, Memakan makanan yang yang ditangani orang yang terinfeksi virus dan tidak mencuci tangan dengan bersih setelah menggunakan toilet, minum air yang terkontaminasi dan makan kerang mentah dari air yang tercemar limbah.

Baca Juga: Yuk! Lebih Wasapada, Kondisi Sanitasi Buruk dapat Picu Penyebaran Hepatitis A

Kemudian, bisa juga dengan kontak erat dengan orang yang terinfeksi, bahkan bila orang itu tidak memiliki tanda atau gejala, serta berhubungan seks dengan seseorang yang memiliki virus.
 
Kebiasaan yang Bisa Meningkatkan Risiko Hepatitis A
Nah, hal apa saja sih yang dapat meningkatkan risiko kita terkena hepatitis A. Berikut beritabaik,id rangkum dari berbagai sumber. Yuk, simak!

Makan dan jajan sembarangan
Jika kita masih sering makan atau jajan sembarangan, sebaiknya segera hindari kebiasaan tersebut. Virus hepatitis A bisa menular melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi tinja orang yang terinfeksi.

Membeli dan mengonsumsi makanan di tempat yang tidak terjamin kebersihannya bisa meningkatkan risiko kamu kita tertular. Daripada makan atau jajan di tempat sembarangan, kita dapat membawa bekal makanan buatan sendiri dari rumah yang sudah lebih terjamin kebersihannya.

Saat mempersiapkan makanan, kita juga harus mencuci tangan terlebih dahulu dan membersihkan bahan-bahan makanan dengan teliti. 

Malas mencuci tangan
Virus hepatitis A juga bisa menular melalui benda-benda yang terkontaminasi feses orang yang terinfeksi. Jadi, bila kamu malas mencuci tangan, apalagi setelah menggantikan popok anak, kamu berisiko tinggi terkena penyakit hati ini. Mencuci tangan penting untuk dilakukan, terutama sebelum makan dan setelah menggunakan toilet.

Seks Bebas
Melakukan seks dengan orang yang berbeda-beda tanpa alat pengaman bisa meningkatkan risiko kamu tertular hepatitis A. Pasalnya, seseorang bisa terinfeksi HAV tanpa mengalami gejala. Bila kamu secara kebetulan melakukan hubungan seks dengan orang yang terinfeksi tanpa mengenakan kondom, kamu bisa tertular penyakit hati tersebut. 

Menggunakan narkoba dengan jarum suntik
Menggunakan narkoba jenis suntik dengan orang lain bisa menyebabkan kamu mengalami hepatitis A, karena virus bisa menular melalui darah.
Nah, itu adalah beberapa kebiasaan-kebiasaan yang bisa membuat kamu tertular hepatitis A. Yuk, lebih waspada lagi, TemanBaik!

Editor: Irfan Nasution

Sumber: Kemenkes RI, Halodoc, Nhs.uk

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sering Migrain, Yuk Hindari Makanan dan Minuman Ini!

Minggu, 2 Oktober 2022 | 11:00 WIB

Ada Jus dan Kopi, Hindari 5 Minuman Ini saat Cuaca Panas

Jumat, 30 September 2022 | 08:45 WIB

Waspada Mata Merah, Cek di Sini Apa Saja Penyebabnya!

Senin, 26 September 2022 | 07:10 WIB
X