• Minggu, 25 September 2022

Yuk! Lebih Waspada, Kondisi Sanitasi Buruk dapat Picu Penyebaran Hepatitis A

- Rabu, 4 Mei 2022 | 16:44 WIB
 (dok. Ilustrasi Unsplash/Julien Tromeur)
(dok. Ilustrasi Unsplash/Julien Tromeur)

TemanBaik, dengan dikeluarkannya Surat Edaran (SE) oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.02.02/C/2515/2022 terkait untuk peningkatan kewaspadaan masyarakat perihal kasus hepatitis misterius akut yang menyerang anak-anak, maka kita harus lebih waspada akan penyakit Hepatitis.

Penyakit Hepatitis sendiri memiliki banyak jenis, salah satunya Hepatitis A. Hepatitis A adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus hepatitis-A">hepatitis A. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan penularan virus ini terjadi,salah satunya adalah sistem sanitasi yang buruk.

Dilansir dari laman National Health Services, virus ini dapat dengan mudah menyebar pada mereka yang tidak divaksinasi, mengonsumsi makanan atau air yang terkontaminasi dengan kotoran orang yang terinfeksi.

Penyakit ini erat kaitannya dengan dengan air atau makanan yang tidak bersih. Selain itu sanitasi yang tidak memadai, kebersihan diri yang buruk, dan seks oral-anal. Tidak seperti hepatitis B dan C, hepatitis-A">hepatitis A tidak menyebabkan penyakit hati kronis dan jarang fatal.

Risiko Infeksi Hepatitis A
Meski jarang menyebabkan kegagalan organ hati, hepatitis-A">hepatitis A dapat menyebabkan gejala yang melemahkan dan hepatitis fulminan (gagal hati akut), yang berakibat fatal. Oleh karenanya, penting untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan sebagai upaya mencegah penyebaran penyakit ini.

Hepatitis A sangat mudah menyebar daerah yang standar sanitasi dan kebersihan makanan umumnya buruk. Di antaranya Afrika, India, Tiongkok, Timur Tengah, dan Amerika Tengah dan Selatan.

Baca Juga: Yuk! Kenali Jenis-jenis Penyakit Hepatitis dan Penyebabnya

Seseorang atau kita bisa terpapar infeksi hepatitis melalui beberapa cara, seperti: Memakan makanan yang disiapkan oleh seseorang dengan infeksi yang belum mencuci tangan dengan benar atau mencucinya dengan air yang terkontaminasi oleh kotoran. Meminum air yang terkontaminasi, termasuk es batu. Mengonsumsi kerang mentah atau setengah matang dari air yang terkontaminasi. Melakukan kontak dekat dengan seseorang yang mengidap hepatitis-A">hepatitis A.

Selain itu, berhubungan seks dengan seseorang dengan hepatitis-A">hepatitis A (secara khususnya risiko lebih tinggi jika melakukan seks anal-oral) atau menyuntikkan narkoba menggunakan peralatan yang terkontaminasi. Seseorang dengan hepatitis-A">hepatitis A masuk pada masa paling infeksius sekitar 2 minggu sebelum gejala muncul sampai sekitar satu minggu setelah gejala pertama kali berkembang.

Pencegahan Hepatitis
Membuat kondisi sanitasi yang lebih baik, keamanan pangan, dan imunisasi adalah cara paling efektif untuk memerangi hepatitis-A">hepatitis A. Selain itu, penyebaran hepatitis-A">hepatitis A dapat dikurangi dengan beberapa cara di antaranya, menyediakan pasokan air minum yang memadai. Pembuangan limbah yang benar di dalam masyarakat. Melakukan praktik kebersihan pribadi seperti mencuci tangan secara teratur sebelum makan dan setelah pergi ke kamar mandi.

Dikutip dari laman Halodoc, hampir 100 persen orang dapat mengembangkan tingkat antibodi pelindung terhadap virus dalam 1 bulan setelah injeksi satu dosis vaksin. Bahkan setelah terpapar virus, satu dosis vaksin dalam waktu 2 minggu setelah kontak dengan virus dapat memiliki efek perlindungan. 

Jutaan orang telah menerima vaksin hepatitis-A">hepatitis A tidak aktif yang dapat diinjeksi di seluruh dunia tanpa efek samping yang serius. Vaksin ini dapat diberikan sebagai bagian dari program imunisasi balita dan vaksin untuk para pelancong internasional.

Editor: Irfan Nasution

Sumber: Kemenkes RI, Halodoc, Nhs.uk

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Simak 12 Manfaat Luar Biasa Biji Labu bagi Kesehatan

Sabtu, 24 September 2022 | 09:44 WIB

7 Makanan Ini Mampu Meredakan Batuk dan Pilek Lebih Cepat

Minggu, 18 September 2022 | 18:45 WIB

10 Manfaat Berjalan Kaki bagi Kesehatan Tubuh

Sabtu, 17 September 2022 | 10:23 WIB

Minuman Ini Mampu Meningkatkan Imunitas saat Musim Hujan

Jumat, 16 September 2022 | 06:05 WIB

3 Cara Sederhana Mencegah dan Mengatasi Mata Lelah

Kamis, 15 September 2022 | 06:05 WIB
X