• Rabu, 7 Desember 2022

Cegah Rasa Kantuk saat Berkendara dengan Cara Ini

- Selasa, 26 April 2022 | 13:01 WIB
Atur posisi mengemudi senyaman mungkin, mulai posisi kursi, posisi kemudi, kaca spion kana kiri dan tengah.  (Instagram @navo.xr)
Atur posisi mengemudi senyaman mungkin, mulai posisi kursi, posisi kemudi, kaca spion kana kiri dan tengah. (Instagram @navo.xr)

TemanBaik, saat berkendara, terutama saat mengemudikan mobil atau motor, penting bagi kita untuk dalam kondisi fisik dan mental yang prima. Hal ini karena ketika berkendara tubuh kita sedang melakukan aktivitas motorik, sensorik dan mengingat secara bersamaan. Sehingga bila salah satunya terganggu, hal tersebut akan mengganggu yang lainnya 

Salah satu gangguan yang kerap terjadi ketika berkendara adalah serangan rasa kantuk. Terlebih saat kita sedang dalam perjalanan panjang, seperti mudik saat Lebaran. Biasanya rasa kantuk lebih mudah menyerang.

Rasa kantuk juga bisa muncul tiba-tiba saat mengemudi, atau ketika kita sedang terburu-buru dan akhirnya memutuskan untuk tetap menyetir meski dalam keadaan setengah sadar. Biasanya kita baru terkejut bila sudah kehilangan kesadaran dan tertidur di balik kemudi selama beberapa detik.

Gejala ini dinamakan microsleep, yaitu tertidur sesaat dalam hitungan sepersekian detik. Gejala ini tentu sangat membahayakan aktivitas mengemudi kita dan orang lain. Karena jika  kita sedang dalam kecepatan tinggi, tertidur sepersekian detik sudah pasti akan mengubah arah mobil, sehingga dapat membahayakan kita serta orang yang berada di dalam mobil  dan pengendara lain.

Nah, agar TemanBaik bisa terhindar dari microsleep saat perjalanan, kamu bisa simak beberapa tips berikut ini.

Menepi dan Tidur Sejenak
TemanBaik, jika kamu sudah mulai merasa kelelahan dalam mengemudikan kendaraan kamu, maka menepi dan tidurlah sejenak untuk menghilangkan rasa lelah yang kamu rasakan. Menepi dan tidur sejenak tidak akan membuat kamu terlambat untuk sampai pada tujuan kamu, namun jika kamu terus memaksakan diri walaupun sudah lelah berkendara maka akan menimbulkan risiko keselamatan yang lebih besar. Carilah rest area yang aman dan nyaman untuk beristirahat. 

Baca Juga: Waspada! Ini Komplikasi Akibat Malaria yang Berbahaya Bagi si Kecil

Beristirahat setiap dua jam sekali
Serangan kantuk saat berkendara dalam perjalanan panjang adalah hal yang sangat wajar. Untuk mencegahnya, sebaiknya kita beristirahat setiap dua jam untuk melakukan peregangan otot atau tidur sejenak. Jika memaksa untuk menyetir terus tanpa jeda, maka tubuh dan mata kita  justru jadi cepat lelah dan terasa berat. Meskipun tidak sedang mengantuk atau lelah, usahakan untuk tetap beristirahat setiap beberapa jam sekali.

Jangan minum obat sebelum berkendara
Mengkonsumsi obat-obatan bisa mempengaruhi konsentrasi dan kewaspadaan kita saat berkendara. Hindari minum obat anti mabuk, obat anti masuk angin, atau obat lain dengan efek samping mengantuk sebelum atau saat berkendara. Pasalnya, kita akan merasa sangat mengantuk. Jika kita harus minum obat-obatan tertentu yang diresepkan dokter, sebaiknya jangan menyetir mobil sama sekali.

Ditemani saat mengemudi
Temanbaik, saat berkendara ajaklah seorang teman atau anggota keluarga yang bisa menemani kamu sepanjang jalan. Dengan begitu, kita bisa mengobrol bersamanya jika mulai merasakan ngantuk. Dia juga bisa menjadi ‘polisi’ jika kamu sudah mulai kehilangan kewaspadaan, terkantuk-kantuk, atau hampir tertidur.

Minum kopi
Jika mata dan tubuh sudah benar-benar lelah maka kamu membutuhkan kafein untuk membantu menjaga kesadaran. Salah satu sumber kafein terbesar adalah kopi. Namun, kopi membutuhkan waktu kira-kira setengah jam sebelum efeknya terasa. Maka dari itu kamu perlu menyiapkan kopi selama perjalanan berkendara ya.

Editor: Irfan Nasution

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nikmatnya Ramuan Jahe Serai yang Baik untuk Kesehatan

Selasa, 22 November 2022 | 16:25 WIB

Sering Alami Migrain, Coba Hindari 5 Makanan Ini!

Selasa, 8 November 2022 | 12:10 WIB

Yuk, Sama-sama Latih Anak Memelihara Kesehatan Mulut!

Jumat, 4 November 2022 | 10:20 WIB

4 Cara Mengatasi Demam pada Anak saat Tumbuh Gigi

Kamis, 27 Oktober 2022 | 20:00 WIB
X