• Minggu, 25 September 2022

Begini Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut saat Puasa

- Senin, 25 April 2022 | 09:15 WIB
Ilustrasi menggosok gigi (pixabay)
Ilustrasi menggosok gigi (pixabay)

TemanBaik, selain masalah pencernaan, masalah kesehatan yang kerap hadir saat berpuasa adalah masalah kesehatan gigi dan mulut. Saat berpuasa, tubuh kekurangan asupan cairan selama berjam-jam. Termasuk mulut.

Hal tersebut mengakibatkan produksi air liur yang membantu kebersihan rongga mulut dan gigi berkurang. Kurangnya produksi air liur dapat menjadi pemicu masalah kesehatan gigi dan mulut.

Masalah kesehatan mulut ini tentunya akan membuat kamu tidak nyaman dan tidak percaya diri selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Untuk itu, berikut beritabaik.id rangkum beberapa  tips menjaga kesehatan gigi dan mulut saat puasa yang bisa kamu coba.

Menyikat gigi dengan benar
Bau mulut dalah salah satu masalah kesehatan gigi dan mulut yang paling seringkita jumpai saat puasa. Salah satu penyebabnya adalah karena pembakaran cadangan lemak yang terjadi di dalam tubuh. Saat lemak dibakar oleh metabolisme tubuh, keton akan terbentuk dan mengeluarkan bau tidak sedap.

Selain karena pembakaran lemak, bau mulut juga bisa terjadi karena produksi air liur yang menurun, karena tubuh kekurangan cairan. Dengan begitu, air liur tidak bisa menetralkan asam di dalam mulut, sehingga aroma dari sisa makanan kerap keluar.

Baca Juga: 5 Bahaya Minum Air Dingin, Salah Satunya Pembekuan Otak

Untuk mengatasinya, kamu disarankan untuk menggosok gigi minimal selama 2 menit dalam satu sesi. Selanjutnya, jangan lupa membersihkan lidah karena organ ini sering ditempeli sisa makanan saat buka dan sahur.

Sela-sela gigi yang kadang tidak bisa dibersihkan dengan sikat gigi, perlu dibersihkan dengan menggunakan dental floss. Sebagai penutup, jangan lupa berkumur dengan obat kumur agar sisa kuman yang menempel bisa hilang.

Perbanyak makan sayur dan buah
Salah satu cara lainnya untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut saat puasa adalah dengan mengonsumsi makanan bernutrisi baik, seperti buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin C. Dengan memenuhi asupan vitamin yang seimbang, berbagai macam masalah mulut, misalnya sariawan dan infeksi bisa dihindari, mulut menjadi lebih sehat, sehingga puasa bisa berjalan dengan lancar.

Minum air putih yang cukup
Salah satu penyebab bau mulut yang utama adalah adalah kekurangan cairan. Kondisi ini menyebabkan produksi air liur menurun. Karena itu, kamu perlu minum air putih yang cukup untuk mengembalikan produksi air liur dalam mulut ke kondisi normal.

Kamu dianjurkan untuk minum 8 gelas air putih atau setara dengan 2 liter air setiap harinya. Kamu bisa memenuhi kebutuhan cairan saat puasa dengan menerapkan pola 2–4–2, yaitu dua gelas air saat berbuka, empat gelas setelah salat tarawih atau sebelum tidur, dan dua gelas lagi saat sahur.

Kurangi kebiasaan merokok
Bila kamu enggak mau mengalami masalah kesehatan gigi dan mulut saat puasa, kurangilah kebiasaan merokok. Kalau biasanya kamu merokok 1–2 batang sehari, coba kurangi separuhnya. Bila kamu tidak tahan, coba makan permen mint atau sejenisnya untuk mengurangi keinginan merokok yang besar.

Hindari makanan yang berbau menyengat
Hindari konsumsi makanan yang berbau menyengat, seperti petai, jengkol, dan durian. Jenis makanan tersebut bisa memberikan efek bau yang lama di dalam mulut. Selain itu, masakan yang menggunakan terlalu banyak bawang juga bisa menimbulkan bau tidak sedap pada siang hari.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut saat puasa. Selamat mencoba!

Editor: Irfan Nasution

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Simak 12 Manfaat Luar Biasa Biji Labu bagi Kesehatan

Sabtu, 24 September 2022 | 09:44 WIB

7 Makanan Ini Mampu Meredakan Batuk dan Pilek Lebih Cepat

Minggu, 18 September 2022 | 18:45 WIB

10 Manfaat Berjalan Kaki bagi Kesehatan Tubuh

Sabtu, 17 September 2022 | 10:23 WIB

Minuman Ini Mampu Meningkatkan Imunitas saat Musim Hujan

Jumat, 16 September 2022 | 06:05 WIB

3 Cara Sederhana Mencegah dan Mengatasi Mata Lelah

Kamis, 15 September 2022 | 06:05 WIB
X