• Minggu, 25 September 2022

Kamu Suka Menunda Buka Puasa? Ini Bahayanya Bagi Kesehatan

- Senin, 25 April 2022 | 08:35 WIB
Kurma makanan sehat untuk berbuka puasa. (Pixabay)
Kurma makanan sehat untuk berbuka puasa. (Pixabay)

TemanBaik, adakah di antara kamu yang suka menunda buka puasa? Momen berbuka puasa adalah saat Ramadan adalah kondisi di mana tubuh kembal mendapatkan asupan makanan dan minuman. Nyatanya, ada bahaya bagi kesehatan tubuh yang perlu kita waspadai ketika menunda berbuka puasa.

Sehabis menahan lapar dan haus seharian, asupan makanan yang dinikmati saat berbuka dapat mengembalikan energi dan cairan tubuh yang hilang. Karena itu, jangan sampai menunda menyantap makanan saat berbuka puasa.

Berikut beritabaik.id rangkumkan beberapa bahaya menunda buka puasa bagi kesehatan tubuh. Yuk, simak penjelasannya .

Dehidrasi
Selama berpuasa selama 12 jam, tubuh tak mendapatkan asupan cairan. Jadi, ketika kamu menunda berbuka puasa, risiko dehidrasi akan meningkat. Ini dapat menyebabkan lemas, pusing, dan beberapa fungsi organ terganggu.

Dehidrasi parah bisa dapat berbahaya bagi jiwa. Pingsan dan kejang bisa terjadi, jika tubuh kekurangan elektrolit. Jika tubuh kehilangan volume cairan hingga 15-25 persen, dehidrasi dapat mengancam jiwa.

Oleh karena itu, segeralah meminum air putih saat kamu mendengar azan magrib. Jika sedang dalam perjalanan, lakukan persiapan dengan menyediakan minuman di tas, agar kamu bisa segera minum saat tiba waktunya berbuka puasa.

Baca Juga: Kamu Mudah Mengantuk saat Puasa? Ini Penyebabnya

Kadar gula darah turun
Bahaya menunda buka puasa selanjutnya adalah menurunnya kadar gula darah. Saat sedang tidak berpuasa, asupan makanan akan diubah oleh tubuh menjadi energi.

Dalam keadan tubuh normal, tubuh akan menjaga asupan gula darah antara 70 hingga 110 miligram/dL. Apabila kadar gula darahmu menurun, sistem organ tubuhmu akan mengalami kelainan fungsi.

Dilansir dari laman Halodoc, ketika kadar gula darah terlalu rendah, sel-sel menjadi kekurangan energi. Pada awalnya, kamu mungkin mengalami gejala ringan, seperti rasa lapar dan sakit kepala. Namun, jika tidak menaikkan kadar gula darah tepat waktu, kamu mungkin berisiko mengalami komplikasi serius.

Setelah berpuasa seharian, waktu berbuka adalah saat yang tepat untuk menaikkan kembali kadar gula darah yang turun. Jadi, jika kamu menunda buka puasa, bahaya yang mengintai tidaklah main-main.

Pencernaan terganggu
Bahaya menunda buka puasa juga berkaitan dengan sistem pencernaan. Ketika kamu menunda buka puasa, lambung jadi kosong terlalu lama. Akibatnya, bisa terjadi kram perut, dan berbagai masalah pencernaan lain seperti mual, diare, dan sembelit.  

Sama seperti saat kamu merasa cemas, respons stres yang dikeluarkan tubuh saat terlalu lama menunda buka puasa dapat mengganggu sistem pencernaan. Ini dapat membuat kelancaran pencernaan dan buang air besar jadi terganggu.

Halaman:

Editor: Irfan Nasution

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Simak 12 Manfaat Luar Biasa Biji Labu bagi Kesehatan

Sabtu, 24 September 2022 | 09:44 WIB

7 Makanan Ini Mampu Meredakan Batuk dan Pilek Lebih Cepat

Minggu, 18 September 2022 | 18:45 WIB

10 Manfaat Berjalan Kaki bagi Kesehatan Tubuh

Sabtu, 17 September 2022 | 10:23 WIB

Minuman Ini Mampu Meningkatkan Imunitas saat Musim Hujan

Jumat, 16 September 2022 | 06:05 WIB

3 Cara Sederhana Mencegah dan Mengatasi Mata Lelah

Kamis, 15 September 2022 | 06:05 WIB
X