• Minggu, 25 September 2022

Ini 5 Cara Menahan Lapar saat Puasa yang Bisa Kamu Praktikkan

- Rabu, 20 April 2022 | 14:44 WIB
 (dok. Ilustrasi Unsplash/Rauf Alvi)
(dok. Ilustrasi Unsplash/Rauf Alvi)

TemanBaik, bagi umat muslim, puasa adalah salah satu kewajiban yang harus dijalankan dengan segudang manfaat. Salah satunya untuk kesehatan. Selama puasa kita diharuskan untuk menahan hawa nafsu dan rasa lapar dari waktu subuh hingga matahari terbenam.

Menahan lapar bagi sebagian orang bisa jadi hal yang sulit. Kondisi tubuh kita mesti beradaptasi dengan pola makan yang baru. Jika biasanya makan 2-3 kali sehari dengan sesuka hati, saat puasa kita harus terbiasa dengan pola dan jam makan yang baru.

Beberapa hal tersebut menjadi faktor bagi sebagian dari kita merasa lebih cepat lapar. Nah, untuk itu beritabaik.id sudah meranggkum beberapa tips untuk kamu yang merasa mudah lapar saat puasa Ramadan ini. Yuk, simak!

Mengubah pola makan
TemanBaik, mengubah pola makan adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa lapar saat berpuasa. Di hari-hari biasa, mungkin kita mengikuti anjuran untuk makan lebih sering tapi dengan porsi kecil. Namun, saat berpuasa kita perlu membiasakan diri untuk mengurangi frekuensi makan dan memperbesar porsi sebagai cara menahan lapar saat puasa.

Kita juga dapat memilih makanan yang lebih lama dicerna. Misalnya, mengganti roti putih dengan roti gandum atau nasi putih menjadi nasi merah agar merasa kenyang lebih lama. Selain dari  itu, karena frekuensi makan saat puasa berkurang, perlu mengonsumsi makanan yang lebih bervariasi dan sehat setiap kali makan sahur dan berbuka untuk memenuhi kebutuhan gizi.

Baca Juga: Segar! 11 Manfaat Timun Suri untuk Kesehatan dan Kandungan Gizinya

Menyibukkan diri
Cara berikutnya ialah membuat jadwal dan menyibukkan diri. Hal ini bertujuan agar kita tidak terlalu fokus pada tantangan berupa lapar dan haus. Ada banyak kegiatan yang dapat dipilih oleh kita agar lebih produktif saat berpuasa. Misalnya, menyelesaikan pekerjaan rumah dan kantor, menghabiskan waktu dengan keluarga atau kerabat, beribadah, dan melakukan hal-hal bermakna lainnya yang bisa mengalihkan fokus terhadap rasa lapar.

Usahakan untuk selalu sahur
TemanBaik, sahur adalah sunah berpuasa yang mendatangkan pahala, selain itu sahur juga dapat dijadikan sebagai salah satu cara dalam menahan rasa lapar saat berpuasa loh! Jadi, janganlah melewatkan makan sahur, ya.

Hal ini disampaikan oleh Ahli Gizi Meryem Berrin Ak dari Nişantaşı University di Istanbul. "Penting untuk tidak melewatkan sahur jika tidak ingin merasa sangat lapar di siang hari," jelasnya, seperti yang dikutip dari laman DailySabah.

Pastikan tubuh cukup terhidrasi
Cara menahan rasa lapar saat puasa ialah dengan mencukupi kebutuhan cairan saat berbuka puasa dan sahur.  Ini adalah cara menahan rasa lapar yang paling mudah dilakukan, tetapi cukup efektif sehingga patut dicoba.

Pastikan tubuh kita benar-benar terhidrasi dengan mengonsumsi cairan. Dalam hal ini, air putih adalah pilihan yang paling baik dan sehat. Ingat, konsumsi cairan yang disarankan agar tubuh terhidrasi dengan baik adalah sebanyak delapan gelas air sehari.

Istirahat yang cukup
Ketika kita mendapatkan waktu istirahat yang cukup, hal ini dapat menjadi cara menahan lapar saat puasa. Sebaliknya, orang yang kurang tidur cenderung menciptakan reaksi lapar lebih cepat ketika siang hari. Jadi, sebaiknya kita menyesuaikan waktu tidur dengan kegiatan saat Ramadan agar tidak mudah lapar saat berpuasa. Temanbaik juga dapat mencoba tidur lebih cepat setelah menunaikan ibadah salat tarawih atau mendapatkan waktu istirahat yang cukup setelah salat Dzuhur di siang hari.


Editor: Irfan Nasution

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Simak 12 Manfaat Luar Biasa Biji Labu bagi Kesehatan

Sabtu, 24 September 2022 | 09:44 WIB

7 Makanan Ini Mampu Meredakan Batuk dan Pilek Lebih Cepat

Minggu, 18 September 2022 | 18:45 WIB

10 Manfaat Berjalan Kaki bagi Kesehatan Tubuh

Sabtu, 17 September 2022 | 10:23 WIB

Minuman Ini Mampu Meningkatkan Imunitas saat Musim Hujan

Jumat, 16 September 2022 | 06:05 WIB

3 Cara Sederhana Mencegah dan Mengatasi Mata Lelah

Kamis, 15 September 2022 | 06:05 WIB
X