• Minggu, 25 September 2022

Yuk! Perhatikan Hal Ini saat Menyiapkan Camilan Sehat di Rumah 

- Senin, 11 April 2022 | 08:30 WIB
 (dok. Ilustrasi Unsplash)
(dok. Ilustrasi Unsplash)

TemanBaik, masa pandemi COVID-19 ini membuat kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Terkadang, untuk menghilangkan kebosanan atau mencari sesuatu yang menghibur kita, salah satu godaan yang sulit untuk dihindari adalah "ngemil". Mencamil makanan ringan bisa jadi salah satu cara untuk menghadapi kebosanan.

"Ngemil" biasanya identik dengan kenaikan berat badan. Hal tersebut jika kita mencamil makanan yang sarat akan kadar garam dan gula yang tinggi. Meskipun begitu, saat ini ada banyak pilihan camilan sehat yang rasanya enak dan memberi kita nutrisi penting bagi kita. Jadi kita tak perlu khawatir lagi. 

Dilansir dari lamana Nutrition UK, kegiatan "ngemil" biasanya adalah pilihan makanan dan minuman yang kita miliki selain dari makanan utama hari itu. Mencamil makanan sebetulnya dapat menjadi bagian dari diet yang sehat dan seimbang. Hal tersebut berlaku jika kita memilih makanan ringan yang lebih sehat.

Dengan camilan yang sehat, camilan tersebut juga dapat memberi kita nutrisi penting, seperti vitamin, mineral dan serat, tanpa menambahkan terlalu banyak kalori, gula, lemak jenuh atau garam.

Nah, berikut adalah beberapa tips dan saran untuk memilih dan menyiapkan camilan sehat yang lebih baik agar lebih sehat. Yuk, simak!

Periksa labelnya
Ketika kamu pergi berbelanja, periksa label makanan untuk membantu memilih pilihan dengan sedikit garam, lemak jenuh atau gula. Lihatlah bagian depan kemasan untuk mudah membandingkan produk secara sekilas, kemudian baca bagian bahan-bahan dan kandungan untuk membuat pilihan yang lebih sehat. Sebisa mungkin cari opsi yang lebih ringan untuk kadar lemak, garam, dan kalau memungkinkan bebas gula.

Baca Juga: 5 Gangguan Pencernaan saat Berpuasa dan Cara Mengatasinya

Bijak dalam menentukan porsi
Jika kamu masih sesekali menikmati camilan tinggi lemak, garam, atau gula, cobalah membaginya kedalam porsi kecil untuk menghindari makan banyak kalori sekaligus. Misalnya, masukkan segenggam keripik atau kacang ke dalam mangkuk.

Hal ini juga bisa kita akali sejak belanja. Gunakan totebag atau tas belanja yang lebih kecil saat berbelanja. Sehingga kita terbatas dalam membeli camilan. Dengan begitu, budget belanja camilan bisa kita alihkan untuk  membeli makan buah dan sayuran dalam porsi yang lebih besar sebagai pengganti camilan yang lebih sehat..

Mengubah mindset
Menghindari makanan ringan yang tinggi lemak, gula, dan garam dengan mudah di rumah terkadang menjadi hal yang sulit. Hal ini diakibatkan salah satunya oleh pola pikir. Di rumah saja berarti bagi sebagian orang adalah kemudahan dan semua tersedia. Dengan pemikiran tersebut, godaan untuk menyantap camilan lebih besar.

Cobalah mengganti kebiasaan dan pola pikir tentang camilan tinggi garam dan gula dengan alternatif yang lebih sehat. Contohnya, misal, kita dapat meletakkan semangkuk buah di meja dapur atau di samping komputer atau area yang terjangkau tangan. Lalu, simpan pilihan camilan yang kurang sehat di lemari agar tidak terlihat.

Buat perencanaan belanja 
Buatlah daftar makanan ringan yang lebih sehat untuk dibeli sebelum kamu pergi berbelanja. Sebaiknya hindari berbelanja saat kita merasa lapar, karena beberapa penelitian menunjukkan ini mungkin berarti kita cenderung membuat pilihan yang kurang sehat.

Jika kamu cenderung memiliki preferensi camilan tengah hari atau sore untuk mengisi jeda waktu makan, rencanakan pilihan yang lebih sehat sebagai pengganti. Misal, seperti roti panggang gandum dan selai kacang.

Editor: Irfan Nasution

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Simak 12 Manfaat Luar Biasa Biji Labu bagi Kesehatan

Sabtu, 24 September 2022 | 09:44 WIB

7 Makanan Ini Mampu Meredakan Batuk dan Pilek Lebih Cepat

Minggu, 18 September 2022 | 18:45 WIB

10 Manfaat Berjalan Kaki bagi Kesehatan Tubuh

Sabtu, 17 September 2022 | 10:23 WIB

Minuman Ini Mampu Meningkatkan Imunitas saat Musim Hujan

Jumat, 16 September 2022 | 06:05 WIB

3 Cara Sederhana Mencegah dan Mengatasi Mata Lelah

Kamis, 15 September 2022 | 06:05 WIB
X