• Minggu, 2 Oktober 2022

Mau Menurunkan Berat Badan saat Puasa? Perhatikan Hal Berikut Ini Ya!

- Senin, 11 April 2022 | 08:00 WIB
 (dok. Ilustrasi Unsplash)
(dok. Ilustrasi Unsplash)

TemanBaik, tahu enggak kalau saat puasa di bulan Ramadan ini bisa menjadi salah cara kita untuk menurunkan berat badan. Tetapi, cara menurunkan berat badan saat puasa ini memiliki kiat khusus agar asupan gizi kamu saat puasa pun tetap terjaga.

Hal tersebut bisa kita capai dengan merancang menu makanan yang tepat selama puasa di bulan Ramadan. Salah merancang menu makanan dan menentukan strategi justru dapat membuat berat badan naik.

Dilansir dari laman British Nutrition Foundation dan Halodoc, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan jika kamu ingin menurunkan berat badan saat puasa. Yuk, simak!

Tetap makan sahur
Bagi sebagian orang, melewatkan sahur bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Namun, , hal itu tidak disarankan.Sahur adalah bagian penting dari puasa. Makanlah makanan yang untuk mempertahankan energi kita sepanjang hari selama puasa.

Melewatkan sahur saat diet justru hanya membuat kamu makan lebih banyak saat berbuka. Dengan isi perut yang kosong dari mulai dini hari hingga petang, justru keinginan makan kian tidak terkendali saat buka puasa.

Pilih makanan bergizi seimbang
Memilih makanan bergizi seimbang adalah cara menurunkan berat badan saat puasa yang perlu diperhatikan. Kamu hanya memiliki dua kesempatan untuk mengisi perut, yaitu saat sahur dan saat berbuka puasa. Pilihan makanan pada kedua waktu tersebut disarankan mengandung  zat gizi yang seimbang.

Saat sahur usahakan konsumsi banyak cairan atau pilih makanan yang mengandung banyak  cairan agar tubuh terhidrasi dengan baik. Selain itu, pilih makanan dan minuman yang membantu kita merasa kenyang dan melancarkan pencernaan. Di antaranya, biji-bijian utuh, roti gandum, beras merah, oatmeal, buah dan sayuran segar, sumber protein, susu, yogurt, telur, dan kacang-kacangan, serta lemak sehat.

Ketika berbuka puasa, coba minum lebih banyak cairan dan makanan rendah lemak yang mengandung gula alami seperti, susu, jus buah, atau smoothies dan kurma karena menyediakan gula alami untuk energi dan sumber serat untuk berat badan turun.

Baca Juga: Hati-hati Minum Oralit Berlebih saat Puasa, Ini Efek Sampingnya

Hindari makanan dengan gula tambahan
Berbuka dengan yang manis memang dapat mengembalikan energi yang hilang. Namun, jangan sampai kita mengonsumsi makanan manis terlalu banyak. Terlalu banyak asupan gula justru akan disimpan sebagai lemak oleh tubuh.

Hal ini dikarenakan produksi insulin tubuh akan menurun ketika berpuasa. Sedangkan, insulin berfungsi mengubah gula menjadi energi. Jika gula tidak diolah menjadi energi, tubuh akan menyimpannya dalam bentuk lemak.

Tetap berolahraga
Puasa bukan berarti kita bermalas-malasan. Berolahraga bisa menjadi cara menurunkan berat badan saat puasa yang efektif. Tentu dengan mengurangi tingkat intensitas olahraga yang sesuai. Tubuh secara alami menjadi kurang aktif karena energi yang didapat dari makanan berkurang saat puasa. Alih-alih mengangkat beban, kita bisa mencoba yoga saat puasa yang bisa membantu mengelola stres dan membakar kalori.

Sementara itu, tubuh akan mencari sumber energi lain, yaitu cadangan lemak yang dapat dibakar lebih banyak ketika berolahraga selama puasa.

Perbanyak minum banyak air
Menjaga tubuh tetap terhidrasi merupakan kunci utama memiliki berat badan ideal selama puasa. Minumlah air mineral  atau cairan beberapa kali sepanjang malam. Pilih yang tidak mengandung kafein, serta pastikan tubuh mendapat cairan yang cukup saat berbuka puasa.

Minum banyak air memang penting, tetapi usahakan untuk tidak minum terlalu banyak pada satu waktu. Mencoba minum beberapa liter air sekaligus dapat mengencerkan elektrolit yang bisa memicu keracunan air.

Halaman:

Editor: Irfan Nasution

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sering Migrain, Yuk Hindari Makanan dan Minuman Ini!

Minggu, 2 Oktober 2022 | 11:00 WIB

Ada Jus dan Kopi, Hindari 5 Minuman Ini saat Cuaca Panas

Jumat, 30 September 2022 | 08:45 WIB

Waspada Mata Merah, Cek di Sini Apa Saja Penyebabnya!

Senin, 26 September 2022 | 07:10 WIB

Konsumsi Buah Sebelum Makan Ternyata Banyak Manfaatnya

Senin, 26 September 2022 | 06:05 WIB

Simak 12 Manfaat Luar Biasa Biji Labu bagi Kesehatan

Sabtu, 24 September 2022 | 09:44 WIB
X