• Minggu, 25 September 2022

5 Gangguan Pencernaan saat Berpuasa dan Cara Mengatasinya

- Minggu, 10 April 2022 | 09:41 WIB
Ilustrasi asam lambung (Pixabay)
Ilustrasi asam lambung (Pixabay)

Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah peneliti menyebutkan ibadah puasa, termasuk Ramadan, memberikan manfaat bagi kesehatan

Namun puasa juga bisa memberikan efek gangguan pencernaan. Apalagi jika sebelumnya sudah memiliki masalah di bagian lambung

Berikut enam gangguan pencernaan yang mungkin bisa terjadi saat puasa dan cara mengatasinya seperti dirangkum dari berbagai sumber:

1. Mual dan muntah

Mual dan muntah dapat merupakan gangguan pencernaan yang umum terjadi. Biasanya, mual dan muntah terjadi setelah Anda makan terlalu banyak pada saat berbuka puasa.

Apalagi jika menu buka puasa terdiri dari makanan yang berminyak, berlemak, dan tinggi gula. Jadi, hindari makan terlalu banyak saat buka puasa dan berbukalah dengan minum air putih untuk membuat perut nyaman.

2. Sembelit

Bagi beberapa orang, berpuasa kerap membuat mereka mengalami sembelit. Kondisi yang juga disebut sebagai konstipasi ini dapat terjadi bila Anda kurang mengonsumsi makanan berserat, seperti sayur dan buah, selama bulan puasa.

Baca Juga: Hore, Mudik Lebaran 2022 Dipastikan Tanpa Penyekatan

Tak hanya itu, kurang minum air putih juga bisa membuat feses di dalam saluran cerna menjadi lebih padat sehingga lebih sulit dan sakit untuk dikeluarkan. Maka akan lebih baik jika mengonsumsi sayuran pada saat sahur dan berbuka puasa.

Kemudian penuhi juga kebutuhan cairan tubuh selama puasa, yakni dengan minum air minimal 8 gelas per hari.

3. GERD

Gastroesophageal reflux disease (GERD) atau yang lebih dikenal dengan sakit asam lambung, rentan dialami selama bulan puasa.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh kebiasaan langsung tidur setelah makan sahur. Lalu, naiknya asam lambung juga dapat terjadi saat makan dalam porsi banyak setelah berpuasa hampir satu hari full.

Untuk menghindarinya, berbukalah dengan porsi kecil terlebih dahulu. Mulailah dengan berbuka dengan air putih, lanjutkan dengan camilan.

Setelah melaksanakan ibadah salat tarawih, barulah makan menu utama. Tidak hanya itu, tidak disarankan untuk langsung tidur setelah makan sahur.

Halaman:

Editor: Gin Gin Tigin Ginulur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Simak 12 Manfaat Luar Biasa Biji Labu bagi Kesehatan

Sabtu, 24 September 2022 | 09:44 WIB

7 Makanan Ini Mampu Meredakan Batuk dan Pilek Lebih Cepat

Minggu, 18 September 2022 | 18:45 WIB

10 Manfaat Berjalan Kaki bagi Kesehatan Tubuh

Sabtu, 17 September 2022 | 10:23 WIB

Minuman Ini Mampu Meningkatkan Imunitas saat Musim Hujan

Jumat, 16 September 2022 | 06:05 WIB

3 Cara Sederhana Mencegah dan Mengatasi Mata Lelah

Kamis, 15 September 2022 | 06:05 WIB
X